Cara Install Xampp Di Komputer Windows Terbaru

Cara Install Xampp Di Komputer Windows Terbaru

Cara Install Xampp Windows | Jika kalian ingin belajar membuat website dari wordpress maupun dari framework lain, atau kalian ingin membuat website tapi kalian belum punya domain dan hosting sendiri. Tenang kalian tetap bisa menggunakan cara lain, yaitu menggunakan Xampp. Dengan Xampp kita bisa tetap membuat website, dengan menjadikan komputer kita seolah-olah seperti server hosting.

Apa itu Xampp ?

Fungsi dari Xampp adalah sebagai server yang berdiri sendiri atau sering juga disebut localhost. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Aplikasi Xampp sendiri bersifat open source tersedia dalam GNU General Public License dan bebas. Xampp merupakan web server yang paling banyak digunakan dan mudah untuk di oprasikan.

Xampp terdiri atas program banyak program dan sangat memudahkan kita. Fitur-fitur dari Xampp antara lain.

  • MySQL
  • PHP
  • phpMyAdmin
  • FileZilla FTP Server
  • Tomcat
  • XAMPP Control Panel

Xampp banyak digunakan oleh web developer pemula maupun developer yang sudah mahir sekalipun, tetapi tergantung project apa yang sedang mereka kerjakan.

Cara Instal XAMPP Di Windows

1. Download aplikasi XAMPP terlebih dahulu pastinya, kalian bisa download aplikasi Xamppnya disini. Saat mendownload pilih lah Xampp sesuai dengan versi PHP yang akan kalian gunakan.

download xampp

2. Setelah aplikasi sudah kalian download, kalian bisa langsung jalankan installernya. Terkadang pada proses awal muncul pesan error. Jika ada, abaikan saja dan lanjutkan dengan klik OK.

cara install xampp di windows

3. Berikutnya akan muncul jendela selamat datang kalian bisa langsung klik tombol Next.

cara install xampp bagian 1

4. Selanjutnya kalian akan diminta untuk memilih aplikasi yang mau diinstall. Centang saja semua pilihan dan klik tombol Next.

cara install xampp bagian 2

5. Kemudian kalian akan diminta untuk menentukan lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Secara default akan disimpan ke folder c:\xampp. Namun jika kalian ingin menyimpannya di folder lain bisa klik browse dan tentukan secara manual folder yang ingin digunakan. Jika sudah selesai, lanjutkan dan klik tombol Next. (Note* jika kalian sudah pernah menginstall Xampp sebelumnya akan muncul pesan error seperti ini, jadi kalian harus mengosongkan folder xamppnya terlebih dahulu).

cara install xampp bagian 3.1
cara install xampp di windows 3

6. Pada tahap selanjutnya kalian bisa langsung Next saja.

cara install xampp di windows 4
cara install xampp di windows 5

7. Setelah itu muncul jendela proses install. Proses install memakan waktu beberapa menit.

cara install xampp

8. Jika sudah muncul jendela seperti di bawah ini, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.

install xampp

9. Berikutnya, akan muncul jendela bahasa kalian bisa pilih bendera amerika saja.

cara install xampp di windows 8

Cara Menjalankan Aplikasi XAMPP

1. Setelah proses install selesai, bukalah aplikasi XAMPP. Kalian klik saja iconnya

cara menjalankan xampp di windows 1

2. Setelah Xamppnya terbuka, selanjutnya klik tombol Start pada kolom Action, saat  tombol start berubah menjadi Stop dan muncul angka pada port artinya itulah aplikasi yang dijalankan. Biasanya jika menjalankan wordpress menggunakan XAMPP, yang harus dijalankan adalah aplikasi Apache dan MySQL.

cara menjalankan xampp di windows 2

3. Sekarang buka browser biasa kalian gunakan, dan buka http://localhost/ di browser kalian. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, selamat maka instalasi telah berhasil.

cara menjalankan xampp di windows 3

Untuk tutorial menjalankan WordPress pada Xampp, kalain bisa baca artikelnya disini:

Sekarang komputer kalian sudah bisa digunakan seperti server dan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi web berbasis PHP. Jika kalian mengalami kesulitan di dalam menjalankan XAMPP, kalian bisa tanyakan di kolom komentar.

Semoga artikel Cara Install Xampp Windows ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *