Cara Mematikan Windows Defender di Windows 11 & 10

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 11 & 10

Bagaimana Cara Mematikan Windows Defender? Untuk menonaktifkan Windows defender caranya sangat mudah, dan caranya berbeda di masing-masing versi. Tapi sebelum itu Apakah menonaktifkan Windows Defender berbahaya?

Windows Defender sendiri merupakan aplikasi keamanan yang disertakan dengan sistem operasi Windows yang berfungsi untuk melindungi komputer dari serangan malware, virus, dan ancaman keamanan lainnya. Aplikasi ini secara otomatis akan terus memantau komputer dan memberikan notifikasi apabila terdeteksi adanya ancaman keamanan. Windows Defender juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti pemindaian sistem dan pemindai lokal untuk membantu menghapus malware yang sudah terinstall di komputer.

Apakah mematikan Windows Defender berbahaya?

Mematikan Windows Defender tidak selalu berbahaya, tergantung pada cara kamu menggunakan komputer dan apakah kamu memiliki solusi keamanan lain yang mencukupi. Namun, Windows Defender adalah solusi keamanan yang disertakan dengan Windows yang dirancang untuk melindungi komputer kamu dari ancaman keamanan seperti virus, malware, dan serangan phishing. Oleh karena itu, sebaiknya tidak mematikannya kecuali kamu memiliki solusi keamanan lain yang tepat untuk menggantikan fungsinya.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Dan Mematikan hyper-v di Windows

Jika kamu memutuskan untuk menonaktihkannya Windows Defender, pastikan untuk terus memperbarui dan menjalankan skan virus secara teratur menggunakan solusi keamanan lain yang kamu gunakan. Selain itu, sebaiknya tidak mengklik tautan atau mengunduh berkas dari sumber yang tidak dikenal atau tidak dapat dipercaya.

Apakah Windows Defender berbayar?

Windows Defender merupakan fitur keamanan bawaan yang tersedia pada sistem operasi Windows. Ia dapat bekerja secara otomatis untuk melindungi komputer dari virus, malware, dan ancaman keamanan lainnya. Windows Defender tidak berbayar, dan tersedia secara gratis bagi pengguna Windows.

Cara Mematikan Windows Defender

Cara Menonaktifkan Windows Defender di windows 11

Untuk menonaktifkan Windows Defender di Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Menonaktifkan Windows Defender di windows 11
Cara Menonaktifkan Windows Defender di windows 11
  1. Buka Start Menu dan cari “Windows Defender Security Center”.
  2. Buka aplikasi tersebut dan pilih tab “Virus & threat protection”.
  3. Pilih “Virus & threat protection settings”.
  4. Matikan fitur “Real-time protection” dengan cara mengklik tombol toggle menjadi off.
  5. Jika diminta, klik “Yes” untuk mengonfirmasi.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Animasi Pada Windows

Cara Menonaktifkan Windows Defender di windows 10

Untuk menonaktifkan Windows Defender di windows 10, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Start Menu di windows 10, kemudian ketik “Windows Defender” dan pilih “Windows Defender Security Center” dari hasil pencarian.
  2. Klik pada “Virus & threat protection” yang terletak di bagian kiri layar.
  3. Klik pada “Manage settings” di bawah “Virus & threat protection settings”.
  4. Di bawah “Real-time protection”, toggle “Turn on real-time protection” menjadi “Off”.
  5. Selesai. Sekarang Windows Defender tidak akan lagi aktif dan tidak akan memonitor sistem kamu untuk mencari virus atau malware.

Perlu diingat ya teman-teman bahwa dengan mematikan Windows Defender, kamu tidak lagi terlindungi dari serangan virus atau malware. Oleh karena itu, sebaiknya hanya mematikan Windows Defender sementara saja jika memang diperlukan, dan segera mengaktifkannya kembali setelah selesai.

Semoga artikel tentang Cara Mematikan Windows Defender ini bermanfaat untuk kamu semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *