Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Laptop sudah menjadi hal penting untuk menunjang pekerjaan. Akan tetapi banyak orang tidak peduli dengan kondisi dan keadaaan laptop yang mereka gunakan. Ada banyak cara merawat laptop agar laptop awat dan berumur panjang.

Tidak cuman hanya di bersihkan saja, laptop juga harus rajin di update dan tidak menggunakan aplikasi bajakan. Lalu apa saja tips merawat laptop dengan benar agar laptop yang kita gunakan lebih awet dan tahan lama. Berikut ini Cara Merawat laptop kantor dan probadi agar panjang umur.

Cara Merawat Laptop Dengan Baik

Bersikan Laptop Secara Luar dan Dalam

Membersihkan laptop adalah hal mendasar dan wajib untuk dilakukan. Tidak hanya bagian luar saja laptop juga harus dibersihkan bagian dalamnya secara berkala.

Untuk bagian luar kamu harus membersihkannya secara rutin, mulai dari membersihkan bagian keyboard, layar, lubang port dan seluruh bagian laptop. Kamu bisa menggunakan lap microfiber supaya laptop tidak tergores.

Dan untuk bagian dalam kamu bisa melakukannya sendiri atau ke tukang service untuk membersihkan debu-debu yang ada di dalam laptop.

Belilah Laptop Terbaru dengan Spesifikasi Tinggi

Kemajuan teknologi sangat cepat sekali, tidak terkecuali dengan laptop. Membeli laptop keluaran terbaru dengan spesifikasi tinggi harus kamu lakukan. Kenapa, agar laptop yang kamu gunakan dapat beradabtasi dengan kemajuan teknologi beberapa tahun kedepan baik dari sisi Software ataupun Hardware. 

Pilih Laptop Yang Dapat di Upgrade

Software keluaran terbaru semakin besar penggunaan disk ataupun memori nya. Maka sangat penting bagi kita memilih laptop yang dapat kita upgrade, baik dari sisi disk ataupun memori.

Gunakan AntiVirus

Aplikasi antivirus adalah salah satu aplikasi wajib ada di laptop kamu. Selain untuk pencegahan antivirus juga sangat berguna untuk membersihkan laptop dari virus.

Jaga Suhu atau Temperatur Laptop

Jangan membuat laptop berada disuhu panas terlalu lama ya teman-teman. Laptop yang sering berada di suhu panas akan mempercepat kerusakan pada hardware laptop.

Gunakan Keyboard dan Mouse Eksternal

Sebenarnya ini aja sifatnya hanya opsional saja, agar keyboard dan touchpad laptop kamu lebih awet. Jadi jika diperlukan saja, misalkan seperti designer, programmer, copy writer, video editor dan lain sebagainnya. Lakukan cara ini untuk mengurangi kerusakan pada keyboard dan touchpad utama.

Hindari Menarik Kabel Secara Paksa

Jangan pernah kamu mencabut kabel secara paksa, hal ini membuat lubang port atau charger cepat rusak. Salain itu jangan mengoyang-goyang kabel saat hendak mencabut kabel.

Gunakan Charger Original

Pastikan kamu menggunakan asli bawaan laptop alias charger original. Karena jika kamu menggunakan charger yang palsu akan merusak batre si laptop, hal itu disebabkan output yang dihasilkan charger paslu berbeda dengan yang asli.

Jangan Mendownload Aplikasi Bajakan

Aplikasi seperti keluaran Adobe atau Microsoft harganya sangat mahal, dan hal ini yang membuat banyak orang mendownload aplikasi bajakan di situs tidak resmi. Hindari menggunakan aplikasi bajakan karena aplikasi bajakan kemungkinan sudah disisipi virus atau mailware.

Tips tambahan:

Jika laptop yang kamu gunakan sudah terlalu lambat, kamu bisa mencoba dengan mengganti HDD laptop dengan SSD, jika perlu kamu bisa menambah ram misalkan dari 4gb manjadi 8gb.

Semoga artikel tentang Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.