Kelebihan, Sejarah dan Pengertian WordPress

Kelebihan, Sejarah dan Pengertian Wordpress

Siapa yang tidak mengenal CMS nomor 1 di dunia saat ini, wordpress. Banyak kelebihan wordpress dibanding cms – cms lain, selain karna fiturnya kelebihannya yang lain adalah mudah digunakan. Berikut ini saya akan membagikan artikel tentang kelebihan wordpress, sejarah wordpress dan juga pengertian wordpress.

Pengertian WordPress

Apa itu WordPress? Jadi intinya, WordPress merupakan aplikasi untuk membuat website atau blog dengan mudah. Saat ini lebih dari 35,2% dari semua situs website yang berada di Internet menggunakan WordPress. Selain karena mudah yang membuat wordpress banyak digunakan adalah gratis. Dan website ini pun menggunakan wordpress.

Pengertian wordpress secara mendasar, WordPress adalah content management system atau yang sering disebut CMS. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan dan menggunakan basis data (database) MySQL. WordPress juga bersifat open source atau terbuka yang dilisensikan di bawah GPLv2, yang berarti bahwa siapa pun dapat menggunakan atau memodifikasi WordPress secara gratis

Sejarah WordPress

WordPress di bangun dan dikembangkan oleh Matt Mullenweg dengan Mike Little, lalu diperkenalkan untuk pertama kalinya pada 27 Mei tahun 2003 dengan WordPress versi 0.70. Matt Mullenweg mengembangkan wordpress karena terinspirasi dari blog b2 (bbpress.org), yang pada saat itu berhenti dalam mengembangkan softwarenya.

Dengan berbasis b2 Matt bersama Mike Little mulai memgembangkan WordPress. Matt Mullenweg dan Mike Little bersama mantan pengembang b2 bernama Michel Valdrighi, mulai aktif mengembangkan WordPress hingga hingga dikenal seperti saat ini.

Fitur dan Keunggulan WordPress

  • Gratis. Jika kalian ingin menggunakan wordpress kaliana hanya perlu mengunduhnya di website resminya tanpa harus membayar sepersenpun kecuali beli kuota yaa.
  • Open Source. Kalian dapat langsung melihat, mengedit dan ngunduh semua source codenya atau kodingannya secara bebas. 

Apa Saja Yang Dapat Dibuat WordPress?

Pada awalnya, WordPress diperuntukan sebagai alat membuat blog. Akan tetapi seiring berjalannya waktu wordpress berevolusi dan berkembang. Saat ini, dengan ekosistem plugin dan tema WordPress yang besar, kalian dapat membuat berbagai jenis situs website dengan WordPress. Sebagai contoh, dengan WordPress kalian bisa membuat membuat toko online seperti eCommerce dengan sangat mudah.

Berikut beberapa jenis website yang bisa kalian buat dengan WordPress:

  • Website Company Profile
  • Toko Online (eCommerce)
  • Blog
  • Portofolio
  • Resume
  • Forum
  • Jaringan sosial
  • Situs Membership

Apa Perbedaan Antara WordPress.org dan WordPress.com?

WordPress.org adalah perangkat lunak WordPress open-source gratis, yang dapat kalian download dan instal sendiri di host web atau vps kalian sendiri. WordPress.org sering juga disebut WordPress self-host, dengan self-host membuat situs web 100% milik kalian. 

Jika kalian ingin menggunakan wordpress yang di-host-sendiri yang perlu dilakukan adalah membeli hosting web dan nama domain.

WordPress.com adalah layanan nirlaba dan berbayar yang ditenagai oleh perangkat lunak WordPress.org. WordPress.com sendiri sangat mudah digunakan, akan tetapi banyak fleksibilitas dan fitur yang hilang jika dibandingkan dengan WordPress yang di-host-sendiri.

Jika kalian ingin menggunakan layanan wordpress.com yang perlu kalian persiapkan hanyalah membayar layanannya saja. Kalian bisa membeli paket domain dan layanan atau membeli layanannya saja.

Kesimpulan

Jadi apakah wordpress itu bagus? WordPress adalah cara paling populer untuk membangun situs web karena beberapa alasan. Jika kalian ingin membuat berbagai jenis situs web, dari blog hingga toko online, WordPress adalah pilihan yang bagus.

Menurut saya pribadi, WordPress yang di-hosting sendiri didalam vps atau server hosting lebih baik dari pada membeli paket di wordpress.com. Self-host WordPress memberi kalian lebih banyak akses ke source code sehingga mudah dimodifikasi sesuai dengan keinginan.

3 Replies to “Kelebihan, Sejarah dan Pengertian WordPress”

    1. Menurut pendapat saya wordpress cocok untuk ecommerce, tapi untuk sekala kecil menengah. untuk membuat toko online dari wordpress kamu bisa gunakan woocommerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *