Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi Pasca Operasi

Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi Pasca Operasi

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai manfaat multivitamin setelah operasi. Agar proses penyembuhan pasca operasi cepat sembuh yaitu dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang tepat. Pemilihan ini berguna untuk mengurangi memar, pembengkakan dan peradangan setelah proses pembedahan. Sehingga dengan mengontrol asupan makanan maka bisa membantu proses penyembuhan. Pemberian multivitamin juga sangat membantu sekali dalam proses penyembuhan luka operasi.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan juga mengenai berbagai makanan yang cocok dikonsumsi setelah operasi. Berikut ini penjelasannya:

Karbohidat

Kita ketahui bersama kalau karbohidrat ini merupakan sumber energi utama otak dan yang mampu mencegah terjadinya kerusakan otot. Kandungan ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi biji-bijian, sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Sehingga bisa mengurangi rasa nyeri pada luka operasi.

Protein

Kandungan asam amino pada protein ini berperan  dalam proses pembentukan jaringan baru sehingga proses penyembuhan akan semakin cepat. Protein yang baik bisa anda dapatkan dari ikan, berbagai makanan laut, susu yang rendah lemak, telur, daging yang tidak ada lemaknya, kacang-kacangan, dan berbagai produk kedelai.

Vitamin

Asupan vitamin ini sangat bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka pasca operasi. Ada vitamin C dan vitamin A yang bisa anda dapatkan dari berbagai sayuran yang berwarna hijau gelap dan oranye seperti ubi jalar, kangkung, wortel, brokoli dan bayam. Kalau vitamin C bisa anda dapatkan dari buah beri, tomat, jeruk, dan melon.

Lemak sehat

Lemak yang sehat tidak hanya menambah energi, tetapi juga membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh setelah menjalani masa operasi. Selain itu keberadaan lemak sehat ini juga membantu menyerap berbagai multivitamin ke dalam tubuh. Sehingga setelah operasi dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak sehat. Makanan yang mengandung lemak sehat ini seperti buah alpukat, biji-bijian, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Mineral dan air

Kandungan mineral seperti zat besi dan seng bisa membantu mempercepat penyembuhan luka operasi.  Nah, makanan yang banyak mengandung mineral ini seperti telur, sereal, daging, dan buah aprikot. Selain itu tidak lupa untuk memenuhi kebutuhan air. Dianjurkan untuk mengkonsumsi air 8 gelas sehari. Demikianlah beberapa jenis makanan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan luka operasi. Apabila ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap anda bisa kunjungi guesehat.com. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *