Berbagai Tahapan Medis Sebelum Dilakukannya Injeksi Sperma

Berbagai Tahapan Medis Sebelum Dilakukannya Injeksi Sperma

Untuk mengatasi masalah terkait kesuburan salah satunya adalah dengan menjalani program IUI atau intrauterine insemination. Program yang juga lebih dikenal sebagai program suntik sperma ini dapat menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan keturunan bagi pasangan yang sulit memperolehnya. Prosedur injeksi sperma dilakukan melalui beberapa tahapan untuk meningkatkan persentase kesuksesan suntik sperma.

Tahapan Medis Sebelum Melakukan Injeksi Sperma

Program injeksi spermadilakukan melalui beberapa tahapan sebelum nantinya injeksi dilakukan. Tahapan persiapan sangat penting untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan dari prosedur. Berikut ini adalah prosedur yang harus dijalani:

Penyeleksian Sperma

Sperma yang akan disuntikkan hanyalah sperma sehat dengan struktur yang normal. Oleh karenanya dokter akan mengambil sampel dari sperma yang akan disuntikkan untuk kemudian dilakukan seleksi. Sperma akan dipisah dan dibedakan antara yang sehat dan yang tidak. Sperma dengan pergerakan tinggi dan berkualitas yang dipilih.

Penghilangan Bahan Kimia Racun

Saat dilakukannya penyeleksian sperma, tenaga medis juga akan melakukan penghilangan bahan kimia berbahaya yang dapat menimbulkan reaksi tak baik untuk tubuh. Tenaga medis akan menghilangkan zat kimia yang dapat memicu reaksi alergi pada tubuh. Selain itu, zat kimia beracun ini juga bisa jadi menjadi penyebab sulitnya terjadi pembuahan dan mendapatkan keturunan.

Suntik Sperma

Apabila proses penyiapan sperma yang akan disuntikkan telah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah proses utama yakni penyuntikkan sperma. Ibu akan diminta untuk berbaring di atas kasur untuk kemudian dimasukkan kateter melalui leher rahimnya. Kateter ini berukuran sangat kecil yang berisi sperma di dalamnya.

Proses ini tidak memberikan dampak rasa sakit apapun. Beberapa hanya merasakan rasa kram sedikit saat kateter dimasukkan. Sperma kemudian akan diinjeksikan ke dalam rahim melalui kateter.

Melihat kasus infertilitas yang terus meningkat di Indonesia dari tahun ke tahun, klinik Bocah Indonesia hadir di tengah masyarakat untuk membantu para pasien mengatasi masalah kesuburan dan program memiliki anak. Dengan berbagai pelayanan fertilisasi yang dihadirkan, klinik yang bisa diakses melalui https://bocahindonesia.com/ ini memberikan harga yang terjangkau untuk masyarakat di daerah Jabodetabek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *