Pada postingan tentang node.js sebelumnya saya sudah membahas mengenai apa itu node.js dan cara download node.js. Nahh sekarang saya akan menjelaskan cara menampilkan Hello World dengan node.js. Akan tetapi, Sebelum memulai tutorial nodejs ini, ada tools atau aplikasi yang perlu kalian siapkan. 

Download Node.js

Kalian bisa mendownload intaller Node.js pada situs resmi Node.js di https://nodejs.org. Atau jika kalian bisa melihat petunjuk cara instalnya kalian bisa lihat tutorialnya di Cara Download dan Instal Nodejs

Membuat Hello World dengan nodejs

Setelah persiapan sudah selesai, mari kita belajar node js. Sesuai dengan judulnya mari kita menampilkan “Hello World” pada sebuah browser.

1. Buat File NodeJS

Buatlah file nodejs yang berektensikan .js dalam sebuah folder, dengan nama bebas seterah kalian. Misalkan kita beri nama “hello.js”.

2. Tuliskan Code

Tuliskan code seperti contoh berikut ini:

var http = require(‘http’);

http.createServer(function (req, res) {
  res.writeHead(200, {‘Content-Type’: ‘text/html’});
  res.end(‘Hello World!’);
}).listen(8080);

Kode diatas akan memberi tahu komputer kalian untuk menulis “Hello World!”.  Untuk saat ini, kalian tidak harus memahami kode. Ini akan dijelaskan nanti.

tulis code Membuat Hello World dengan nodejs

3. Setelah Itu Simpan File

Simpanlah file pada folder project kalian, misalkan kalian menyimpannya di D:\project\nodejs\hello.js

4. Buka Command Line Interface di Komputer Kalian

Cara membuka Command Line di setiap komputer itu berbeda-neda, tergantung pada sistem operasi yang kalian gunakan. Untuk pengguna Windows, tekan tombol mulai dan cari “Command Prompt”, atau cukup tulis “cmd” di kolom pencarian.
Disini saya akan menggunakan Windows Powershell.

Buka Command Line Interface di komputer
Buka Command Line Interface di komputer

5. Arahkan ke folder project

Kalian harus mengarahkan Command Line ke folder yang berisi file “hello.js”, Command Line akan terlihat seperti ini: D:\project\nodejs\

6. Jalankan File Node.js

Setelah itu jalankan file kalian dengan perintah berikut ini

node hello.js

tampilan pada commind line kalian akan seperti dibawah ini, setelah itu tekan enter

D:\project\nodejs> node hello.js

Sekarang, komputer Anda berfungsi sebagai server!

7. Buka dengan browser

Jika kalian ingin melihat hasilnya, kalian harus mengaksesnya dengan port 8080, mereka akan muncul tulisan “Hello World!” pada browser kalian. Untuk membukanya ketikkan alamat pada browser kalian: http://localhost:8080

Buka dengan browser
Buka dengan browser

Selamat untuk kalian, sekarang sudah mempelajari hal dasar dari bahasa pemrograman Nodejs. Jika ada hal yang kalian tidak mengerti atau bingung, kalian bisa menanyakanya di kolom komentar.

Semoga artikel Tutorial Membuat Hello World dengan nodejs bermanfaat untuk kalian.