Tetap Aman di Perjalanan Dengan Menggunakan Seat Belt Mobil yang Benar

Tetap Aman di Perjalanan Dengan Menggunakan Seat Belt Mobil yang Benar

Keamanan di jalan tentu bukan hal yang bisa ditawar atau diabaikan sedikitpun karena merupakan hal yang sangat penting menyangkut keselamatan para penumpang. Setiap produsen mobil juga terus melakukan inovasi dalam hal keselamatan untuk para penumpang. Kehadiran air bag tentunya bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan yang fatal akibat benturan atau tabrakan sesama kendaraan atau benda keras lainnya. Bahkan sekarang sudah banyak mobil yang menyediakan fitur dual airbag sehingga bisa melindungi semua penumpang. Dukungan dari fitur keselamatan memang penting, tetapi hal paling penting adalah dimulai dari diri sendiri. Percuma banyak fitur keselamatan dan keamanan di mobil tapi diri sendiri belum peduli terhadap keselamatan di jalan, salah satunya adalah mengabaikan menggunakan seat belt.

Adanya seat belt di setiap kursi penumpang tentunya untuk menjaga keselamatan jika terjadi hal-hal yang membahayakan di jalan. Dengan memakai seat belt maka bisa mengurangi risiko sampai 45% jika ada tabrakan dari berbagai sisi. Itulah mengapa banyak orang yang selalu mengingatkan pentingnya menggunakan seat belt sekalipun menempuh perjalanan yang singkat. Berikut ini akan dijelaskan cara memakai sabuk pengaman yang benar agar semua penumpang termasuk pengemudi bisa aman selama di perjalanan.

Perhatikan bagian atas seat belt

Pada setiap seat belt tentunya memiliki beberapa bagian, salah satunya bagian atas yang harus dipasang dengan benar. Jangan asal dalam memakai seperti hanya menyelipkan seat belt ke punggung saja karena membuat posisinya tidak benar dan fungsinya menjadi tidak maksimal. Dengan posisi seat belt yang sempurna maka mampu memberikan kekuatan pada penumpang agar tidak terpental atau terlempar jauh ketika ada benturan. Jika tidak benar dalam memasang bagian atas seat belt maka ada kemungkinan terjadi hal-hal yang fatal saat kecelakaan terjadi.

Pastikan posisi duduk sudah benar

Posisi duduk penumpang tentu akan mempengaruhi penggunaan seat belt yang benar. Posisi duduk yang benar ketika di dalam mobil adalah tegak dan sejajarkan bagian punggung pada sandaran. Pastikan juga posisi kursi sudah ideal sehingga saat terjadi kecelakaan maka seat belt akan tetap dalam posisi yang bisa menahan penumpang dengan baik agar tidak terlempar dengan kencang.

Pastikan seat belt sudah terkunci dengan baik

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya untuk memakai seat belt untuk semua penumpang dan memastikan sudah terkunci dengan baik pada bagian holder. Untuk memastikan sudah terkunci, penumpang bisa mencoba menariknya beberapa kali.

Cara memasang seat belt yang benar di atas harus bisa diterapkan langsung di dalam mobil. Ketika sedang cari mobil bekas Surabaya dan memiliki kesempatan untuk melakukan pengecekan maka jangan lupakan juga untuk cek kondisi seat belt karena ini merupakan sistem keselamatan dasar. Salah satu rekomendasi untuk beli kendaraan second tentunya adalah mobbi yang bisa diakses lewat aplikasi dan tersedia juga website resmi. Harga jual di platform mobbi djamin kompetitif sehingga calon pembeli tidak akan merasakan kerugian sedikitpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *