Pada zaman sekarang ini, pengguna smartphone terus bertambah. Seiring dengan banyaknya pengguna smartphone, banyak orang akan menggunakan smartphone miliknya untuk membuka website. Oleh karena itu sebuah website harus memiliki design yang responsive atau Adaptive.

Masalah akan muncul ketika sebuah website memiliki tampilan yang tidak bisa menyesuaikan dengan ukuran device yang berbeda-beda. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita sebagai developer akan membuat design responsive website atau adaptive website. Keduanya dapat digunakan untuk membuat tampilan website lebih baik sesuai dengan ukuran perangkat.

Meskipun keduanya dapat menyesuaikan ukuran layar, dua teknik ini dilakukan dengan cara atau metode yang berbeda.

Perbedaan Responsive Dengan Adaptive

Responsive Website

Desain Website Responsive adalah tentang membuat halaman web yang terlihat bagus di semua perangkat. Responsive website akan secara otomatis menyesuaikan penempatan elemen desain agar sesuai dengan berbagai ukuran layar. Cara ini hanya menggunakan satu versi website yang bekerja secara responsive menyesuaikan berbagai ukuran layar.

Contohnya ketika kita sedang membuka sebuah website melalui desktop. Saat kita mengubah ukuran atau dimensi browser dari seukuran desktop ke ukuran mobile, maka konten dan grid nya akan bergerak secara dinamis dan menyesuaikan dengan ukuran layar yang berubah.

Dengan Responsive Web, seorang web developer hanya perlu membuat satu website yang dapat diakses memalui berbagai jenis perangkat. Dan pengunjung juga dapat membuka website dengan lebih mudah, sebab design website dapat menyesuaikan di semua jenis device dengan baik.

Adaptive Website

Berbeda dengan Responsive Website, Adaptive website tidak menyesuaikan tampilan atau design. Responsive website hanya menggunakan satu jenis tampilan yang dapat menyesuaikan jenis perangkat. Sedang adaptive website memiliki beberapa versi website yang akan disesuaikan dengan perangkat.

Adaptive website memiliki beberapa versi website yang berbeda seperti untuk tablet, ponsel, desktop, dan lain-lain. Pada umumnya para developer membuat dua versi yang berbeda yaitu versi mobile dan versi desktop.

Saat user membuka atau mengakses website, Adaptive website akan mendeteksi perangkat yang digunakan user dan akan menampilkan sesuai dengan perangkat si user. 

Sebagai contoh, ketika Anda membuka website menggunakan browser desktop, adaptive website akan menampilkan website versi desktop. 

Apakah Anda sudah mengerti perbedaan antara Responsive Website dengan Adaptive Website? Jika Anda masih bingung, Anda bisa bertanya pada kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.