Apa Itu Domain? Pengertian, Contoh dan Jenis-Jenisnya

By Saifuddin Romli |

Apa Itu Domain Pengertian, Contoh dan Jenis-Jenisnya

Secara umum, domain adalah alamat yang biasa kita jumpai dan gunakan untuk mengakses sebuah website di internet. Domain memiliki berbagai bentuk tergantung pada jenis dan isi dari website yang diakses. Contohnya, ketika ingin mengakses laman Google, kita mengetikkan google.com pada browser. Domain tersebut merupakan alamat untuk mengakses website Google. Seperti halnya rumah, setiap website juga memiliki domain sebagai alamat agar mudah diakses oleh pengunjung.

Apa Itu Domain?

Domain adalah sebuah alamat yang unik digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs web secara khusus di internet. Nama domain terdiri dari dua bagian, yaitu nama situs dan ekstensi domain. Contohnya, Google.com, “Google” adalah nama situs dan “.com” adalah ekstensi domain.

Baca Juga : Perbedaan Website Berita Dan Website Portal

Setiap nama domain harus direservasi dan dibeli dari registrar domain yang sah sebelum dapat digunakan. Ada banyak registrar domain yang tersedia di internet, seperti GoDaddy, Namecheap, dan lainnya. Saat memilih nama domain, penting untuk memilih nama yang mudah diingat dan relevan dengan situs web Anda. Selain itu, penting juga untuk memilih ekstensi domain yang tepat untuk tujuan situs web Anda. Ada banyak pilihan ekstensi domain yang tersedia, seperti .com, .org, .net, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Domain

Berikut adalah beberapa jenis domain yang paling sering digunakan:

Top-Level Domain (TLD)

Top-level domain (TLD) adalah jenis domain yang terletak di level teratas dari hierarki domain internet. TLD ini biasanya terdiri dari tiga huruf, seperti .com, .org, .net, .gov, dan sebagainya. TLD juga bisa memiliki subdomain atau domain level kedua, seperti .co.uk atau .co.id.

Baca Juga : Promosi Produk Yang Menggunakan Website Disebut?

Country Code Top-Level Domain (ccTLD)

Country code top-level domain (ccTLD) adalah jenis domain yang dikhususkan untuk negara tertentu. Setiap negara memiliki kode domain unik yang ditetapkan oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Contoh ccTLD adalah .us untuk Amerika Serikat, .au untuk Australia, .id untuk Indonesia, dan sebagainya.

Generic Top-Level Domain (gTLD)

Generic top-level domain (gTLD) adalah jenis domain yang lebih umum dan terbuka untuk penggunaan global. Beberapa contoh gTLD adalah .com, .org, .net, .info, .edu, .gov, dan sebagainya.

Sponsored Top-Level Domain (sTLD)

Sponsored top-level domain (sTLD) adalah jenis domain yang disponsori oleh organisasi atau lembaga tertentu. Biasanya, organisasi yang mensponsori sTLD ini memiliki kaitan dengan topik atau industri tertentu, seperti .aero untuk industri penerbangan, .edu untuk pendidikan, atau .gov untuk pemerintah.

Infrastructure Top-Level Domain (iTLD)

Infrastructure top-level domain (iTLD) adalah jenis domain yang digunakan untuk tujuan infrastruktur internet, seperti .arpa yang digunakan untuk jaringan internet awal dan .root yang digunakan untuk sistem nama domain alternatif. iTLD ini tidak digunakan secara luas oleh publik umum.

Apa saja contoh domain?

Berikut ini adalah beberapa contoh domain yang sering digunakan di internet:

  1. .com (Commercial) – digunakan untuk tujuan komersial atau bisnis

Contoh: google.com, facebook.com, amazon.com

  1. .org (Organization) – digunakan untuk organisasi non-profit atau nirlaba

Contoh: wikipedia.org, unicef.org, redcross.org

  1. .net (Network) – digunakan untuk jaringan dan infrastruktur internet

Contoh: cisco.net, juniper.net, akamai.net

  1. .gov (Government) – digunakan untuk situs web pemerintah

Contoh: whitehouse.gov, uscis.gov, nasa.gov

  1. .edu (Education) – digunakan untuk institusi pendidikan seperti universitas dan sekolah

Contoh: harvard.edu, stanford.edu, mit.edu

  1. .mil (Military) – digunakan untuk situs web militer

Contoh: army.mil, navy.mil, af.mil

  1. .id (Indonesia) – digunakan untuk situs web di Indonesia

Contoh: detik.com, kaskus.co.id, tokopedia.com

Ekstensi domain yang digunakan biasanya disesuaikan dengan jenis atau tujuan dari website tersebut. Ada banyak jenis dan variasi ekstensi domain yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan website yang berbeda-beda.

Baca Juga : Apa Itu Website? Sejarah, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Semoga artikel tentang Apa Itu Domain? Pengertian, Contoh dan Jenis-Jenisnya ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk kamu semua yaa.

Saifuddin Romli

Seorang Programmer yang hobi menulis, dan menyukai dunia teknologi, game, travel, kuliner dan gadget.