Pekerjaan Paling Berbahaya Dalam Dunia Teknologi

Pekerjaan Paling Berbahaya Dalam Dunia Teknologi

Dalam dunia teknologi informasi, beberapa profesi atau pekerjaan sangatlah berbahaya. Beberapa orang yang bekerja dibidang ini bahkan sampai harus memacu adrenalin, dikarnakan mengharuakan memanjat puluhan bahakan ratusan meter untuk memperbaiki menara komunikasi. Itu merupakan salah satu pekerjaan paling berbahaya di bidang teknologi.

Mohsai telah merangkum profesi apa saja yang paling berbahaya di dunia IT, berikut ulasannya.

Memperbaiki Kabel Internet Bawah Laut

Urutan pertama adalah memperbaiki kabel internet bawah laut. Kabel yang berada dibawah lautan membuat orang terhubung online di seluruh benua.  Fakta sesungguhnya, koneksi internat di dunia terhubung menggunakan kabel bawah laut, bukan dari satelit di luar angkasa. Seseorang harus meletakkan dan memperbaiki kabel-kabel itu ketika gempa bumi bawah laut atau jangkar yang menyimpang memutus aliran data.

Engginer Communications Tower

Menara komunikasi dapat mencapai puluhan meter tingginya. Pekerjaan ini melibatkan ketinggian yang ekstrem yang memiliki risiko jatuh. Kematian cenderung terjadi ketika pekerja tidak menggunakan peralatan keselamatan yang tepat. Kecelakaan dapat terjadi meskipun seorang pekerja sudah menggunakan pengaman seperti, menara jatuh karena pondasi yang rusak, atau tali dapat purus dari safety harness.

Daur Ulang Sampah Elektronik

Siapa bilang ini pekerjaan yang tidak berbahaya? Profesi ini cukup berbahaya mengingat alat elektronik memberikan paparan radiasi. Mereka mungkin mengalami kontak dengan bahan-bahan berbahaya seperti timbal, kadmium, berilium, merkuri, dan penghambat api brominasi. Bahaya lainnya juga terdapat pada bahan kimia yang digunakan saat  merendam papan sirkuit dalam asam, atau membakar kabel PVC untuk mengambil tembaga.

Bahaya tersebut mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kalian. Mungkin beberapa dari mereka mengerti akan bahaya dari pekerjaan tersebut, tetapi mereka menghiraukannya. Padahal dampak yang diakibatnya cukup berbahaya, yaitu dapat menyebabkan penyakit neurologis yang signifikan dan ketidakmampuan belajar.

Langkah Pencegahan

Jika kalian memiliki profesi seperti yang saya sebutkan diatas, sebaiknya kalian melakukan langkah pencegahan. Contohnya selalu memggunakan alat pengaman dengan benar, selalu berhati-hati dan teliti, dan ada baiknya kalian menyiapkan asuransi penyakit kritis, dan yang terakhir adalah selelu berdoa sebelum berkerja.

Semoga artikel tentang pekerjaan paling berbahaya di dunia IT ini bermanfaat.