Kenali Muntah Pada Anak dan Pertolongan Pertamanya

Kenali Muntah Pada Anak dan Pertolongan Pertamanya

Muntah-muntah pada anak pasti sangat mengkhawatirkan anda. Oleh sebab itu perlu penanganan yang tepat dan dilakukan dengan hati-hati. Sebelum anda memberikan obat-obatan pereda rasa mual sebaiknya kenali penyebab muntah pada anak dan penanganannya. Supaya dapat melakukan pertolongan pertama dengan baik simak ulasan berikut ini.  

Penyebab Muntah Yang Sering Dialami Anak

Penyebab paling umum terjadi karena anak salah makan. Artinya tidak sengaja mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung bahan beracun seperti bahan kimia dan obat-obatan. Selain itu, alergi makanan juga dapat menyebabkan muntah-muntah si kecil.

Tetapi, biasanya alergi makanan disertai dengan gatal-gatal dan kulit yang berwarna merah. Umumnya dapat mengalami pembengkakan pada area mata, lidah, bibir, dan langit-langit mulut. Dapat juga disebabkan flu perut atau stomatch flu pada sistem pencernaan karena infeksi mikroorganisme.

Namun, jika penyebab muntah karena sistem pencernaan terganggu biasanya dipengaruhi beberapa tanda. Misalnya dibarengi dengan demam, diare, dan nyeri. Peradangan usus buntu juga dapat menyebabkan nyeri yang berlebih pada perut, sehingga membuat anak mual-mual dan muntah.

Perhatikan Kondisi Muntah Yang Terjadi Pada Anak

Kondisi muntah yang dianggap parah dan harus dibawa ke dokter seperti :

Nyeri perut yang hebat

Anda sebaiknya waspada jika anak anda muntah dan disertai nyeri perut yang sangat hebat. Sebab dikhawatirkan mengidap penyakit usus buntu. Terutama jika bagian sebelah kanan perut yang terasa sakit.

Tetapi jika setelah anak anda muntah menjadi lemas berkepanjangan dapat mengakibatkan penyakit kuning. Ciri-ciri jelass dari sakit kuning juga disertai nyeri perut bagian kanan dan dapat berakibat penyakit hepatitis.

Darah pada muntahan

Perhatikan muntahan yang dikeluarkan anak, apakah berdarah atau tidak. Jika ada darah merah meskipun sedikit tidak terlalu berbahaya dan dapat dibawa kedokter. Dikhawatirkan terjadi luka di tenggorokan atau paru-paru.

Tetapi jika muntahan anak anda terdapat darah yang cukup banyak atau berwarna kehitaman artinya sangat berbahaya. Anda sebaiknya langsung ke rumah sakit terdekat dan biasanya anak akan dimasukkan dalam Instalasi Gawat Darurat.

Muntah secara terus-menerus

Jika anak anda mengalami muntah secara terus menerus setelah makan dan minum dan tanpa disertai rasa nyeri pada perut artinya bukan disebabkan penyakit parah. Biasanya karena masuk angin, terlalu kecapaian, dan bergerak terlalu berlebihan.

Anda dapat memberikan cairan oralit, air jahe atau teh hangat, dan sup kaldu hangat. Selain itu anda dapat membeli obat melalui link https://www.goapotik.com/promo/obat-diare-anak-dan-dewasa-dan-obat-sembelit-dan-susah-buang-air-besar. Setelah 15 menit kemudian anda dapat membaringkan anak dan mengoleskan perutnya dengan minyak kayu putih atau minyak telon.