IDN Apps, Wadah Bagi Generasi Millenial dan Gen Z

IDN Apps, Wadah Bagi Generasi Millenial dan Gen Z Dengan Filosofi Demokrasi

Pergeseran cara masyarakat dalam mengkonsumsi berita juga ditandai dengan kemunculan media mainstream digital yang membuat perputaran informasi menjadi lebih cepat. Kemunculan IDN Times pada tahun 2013 menjadi salah satu contohnya.

Sejak resmi mendapat tempat dan atensi tersendiri di kalangan masyarakat, IDN Times tidak hanya ingin sekedar portal berita biasa, namun juga sebagai wadah suara Generasi Milenial dan Gen Z. Pada akhirnya dua generasi ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif di masyarakat.

Apa Itu IDN Apps ?

IDN Apps adalah sebuah aplikasi baca berita terlengkap yang bisa dengan mudah kalian temukan pada Google Play Store atau Appstore. App baca berita ini dikembangkan oleh IDN Times yang sebelumnya sudah sukses menjadi salah satu media mainstream Tanah Air.

Berdasarkan publikasi IDN Research Institute yang berjudul Indonesia Millenial Report 2020 Cara kaum milenial mengonsumsi berita dan informasi berpusat pada ponsel mereka. Generasi milenial juga biasanya mencari informasi dengan cara yang tidak biasa.

Hasil research tersebut adalah hal yang mendasari IDN Times untuk meluncurkan aplikasi IDN App. Selain itu menurut Winston Utomo selaku Founder dari IDN Times, aplikasi berita adalah unsur penting bagi sebuah industri media yang berbasis User Generated Content (UGC).

Kedepannya Winston juga berharap aplikasi IDN App bisa tidak hanya sekedar menjadi aplikasi kanal berita terbaru, namun juga sebagai platform untuk berbagi dan berdiskusi mengenai berbagai macam hal. Visi ini sejalan dengan agenda IDN Times guna menerapkan demokratisasi informasi.

Kualitas Konten IDN App

Visi dan misi serta landasan filosofis IDN Times untuk mendemokratisasi informasi juga turut mempengaruhi bagaimana mereka mengemas konten. Sederhananya konten IDN Times akan selalu beradaptasi dengan cepat sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Apalagi IDN Times juga banyak berfokus pada generasi milenial dan Gen Z yang mendominasi struktur demografi Indonesia saat ini. Berikut beberapa kelebihan konten IDN Times yang juga bisa kalian dapatkan melalui aplikasi IDN App.

1. Konten Dikemas Dengan Menarik Ala Generasi Milenial dan Gen Z

Prefrensi IDN Times untuk menyediakan kanal bagi Generasi Milenial dan Gen Z juga turut mempengaruhi cara mereka mengemas sebuah konten agar tetap menarik bagi prespektif dua generasi tersebut.

Misalnya untuk berita politik tim editorial IDN Times berusaha mengemas berita agar sesuai dengan prefrensi Generasi Milenial dan Gen Z. Hal ini karena pada dasarnya konten politik tidak hanya untuk konsumsi generasi-generasi yang su

2. Anti-Hoax

Salah satu dampak negatif perputaran informasi digital adalah meningkatnya potensi mengenai kemunculan berita hoax, misinformasi atau disinformasi. IDN Times juga tentu aware dengan fenomena ini sehingga berupaya untuk melakukan mitigasi dengan cara seleksi yang ketat.

Setiap konten yang di-publish di kanal IDN Times termasuk yang ada di IDN App sudah melalui proses editorial yang ketat guna menghasilkan High-Quality Content. Alhasil, secara substansi IDN Times menghasilkan konten berbobot yang berbasis fakta.

Kelebihan Aplikasi IDN App

IDN App tidak hanya unggul secara substansi konten saja namun dari segi teknis aplikasi. Versi terbaru dari IDN App bahkan memuat beberapa pembaharuan fitur sehingga semakin membuat pembaca merasa nyaman. Berikut detail lengkap dari kelebihan IDN App

1. Tampilan Sederhana

IDN App memiliki tampilan atau user interface yang sederhana sehingga mampu membuat pengguna tidak kebingungan ketika mengoperasionalisasikan aplikasi ini. Tata letak beberapa fitur juga terlihat rapi sehingga terlihat sangat elegan.

Hasil update terbaru, IDN App juga hadir dengan ukuran yang lebih ringan dari versi sebelumnya. Alhasil, aplikasi ini menjadi ringan dan tidak akan banyak memakan storage pada smartphone yang kalian gunakan.

2. Dapat Berinteraksi Dengan Pengguna Lain Melalui Tanya Jawab

Demi meningkatkan engagement antar sesama pengguna, IDN App juga dilengkapi dengan fitur agar kalian dapat berinteraksi dengan pengguna yang lain. Otomatis IDN App juga bisa menjadi tempat untuk melakukan diskusi terkait dengan isu-isu yang sedang trending.

Fitur ini tentu sesuai dengan nilai filosofis IDN Times yang juga memuat tentang aspek-aspek demokrasi. Diskusi secara tidak langsung akan menumbuhkan democratic culture bagi Generasi Milenial dan Gen Z dalam memecahkan atau mendiskusikan sebuah masalah.

3. Bisa Berkarya Dengan Menulis Artikel Sendiri

Pihak IDN Times juga memberikan opsi kepada pengguna untuk menulis artikel sendiri. Kalian bahkan bisa mendapatkan penghasilan apabila artikel yang ditulis sesuai dengan ketentuan pageview yang diterapkan oleh IDN.

Meskipun demikian, konten yang kalian buat juga harus sesuai standar penulisan dari IDN Times sehingga nantinya akan tetap melalui proses editorial dan proof reading. Dalam aplikasi ada halaman dashboard tersendiri guna memantau apakah artikel kalian masih dalam proses editorial atau tidak.

4. Fitur Dark Mode

Opsi tampilan dark mode kini sedang menjadi tren bagi banyak situs serta sosial media. Facebook, Twitter, Instagram dan WhatsApp adalah contoh aplikasi yang juga turut menyediakan dark mode pada tampilan halaman utama.

Begitu juga dengan tampilan yang ada di IDN App yang memiliki beberapa opsi agar tampilan sesuai dengan prefrensi generasi milenial. Tampilan ini tentu akan membuat kalian betah menikmati konten berita yang disediakan oleh IDN App.

5. Keberadaan Iklan Proporsional

Banyak aplikasi penyedia informasi gratis yang terkadang membuat user experience menjadi buruk karena keberadaan beberapa iklan yang menggangu secara visual. Misalnya ketika membaca berita ada iklan video yang secara tiba-tiba muncul.

Berbeda dengan IDN App yang menerapkan kebijakan proporsional terkait penayangan iklan dalam aplikasi. Kalian akan memang tetap melihat beberapa iklan namun dijamin tidak akan menganggu kenyamanan dalam membaca berita.

6.  Akses Informasi Cepat Melalui Notifikasi dan Fitur Following News

Kehadiran aplikasi IDN App juga akan turut mempercepat kalian untuk mengakses berita. Hal ini karena IDN App juga dilengkapi dengan sebuah notifikasi khusus apabila ada sebuah berita yang sedang trending dalam skala nasional maupun internasional.

IDN App juga menyediakan sebuah fitur follow yang berguna untuk memberikan kalian sebuah informasi untuk topik tertentu sebuah berita. Adanya fitur ini memungkinkan kalian untuk selalu mendapatkan pembaharuan terbaru mengenai topik yang sudah di-follow.

7. Topik Berita Lengkap Nasional dan Internasional

Ketika pertama kali mengakses aplikasi IDN App, kalian akan disuguhkan dengan beberapa pilihan untuk memilih topik berita yang disukai. Topik itu sendiri nyaris sudah meng-cover semua berita yang ada. Baik dalam ruang lingkup nasional dan internasional.

8. Score Ratings yang tinggi di Playstore & Appstore

Bukti bahwa sebuah aplikasi itu dikatakan bagus adalah memiliki Score Rating atau penilaian yang tinggi. IDN Apps memiliki Rating yang sangat baik yaitu 4.6 di Playstore dan 4.5 di Appstore saat artikel ini di publish. Bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan score rating yang tinggi, karena aplikasi tersebut haruslah memiliki performa yang baik dan mudah untuk digunakan.

Rating tinggi yang didapatkan oleh IDN Apps berbanding lurus dengan fitur-fitur dan kualitas konten di IDN Apps.

9. Keberadaan Quiz Kpop

IDN Times juga membuat sebuah fitur menarik untuk semakin meningkatkan engagement dengan Generasi Milenial dan Gen Z melalui Quiz Kpop. Kalian akan menjadi semakin mudah mengakses kuis ini melalui aplikasi IDN App.

Kesimpulan

Sebagai aplikasi baca berita terlengkap, IDN App tentu tidak kehilangan landasan filosofis sebagai wadah suara Generasi Milenial dan Gen Z sehingga kedua generasi ini mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Sumber :

  • Google  Playstore IDN App
  • www.freepik.com (ilustrasi)
  • www.idntimes.com

One Reply to “IDN Apps, Wadah Bagi Generasi Millenial dan Gen Z”

  1. Kalau saya dulu, waktu bikin penelitian sastra, sering baca review film di Aplikasi ini. Kontennya emang beragam sih. Bagus untuk anak muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *