Apa itu Programmer? Berikut fakta menarik tentang programmer

Apa itu Programmer? Berikut fakta menarik tentang programmer

Ternyata menjadi seorang programmer mempunyai sisi yang menarik loh. Apa aja sih fakta menarik tentang programmer. Tapi sebelum itu apakah kaliah sudah tau, apa itu programmer?

Nahh untuk kalian yang masih bingung dengan profesi programmer. Kalian sudah berada di tempat yang tepat, karna kita akan membahas seluk beluk tentang programmer.

Apa itu Programmer?

Programmer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat suatu website, aplikasi atau software dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Baca Juga : Pengertian Facebook Ads dan Perbedaannya dengan Google Ads

Seorang programmer sudah pasti memiliki lebih dari satu keahlian lebih seperti database, server, security, bahkan design. 

Biasanya seorang programmer fokus dengan keahlian programming tertentu misalnya aplikasi desktop, mobile apps, website dan yang lainnya. Tapi untuk programmer senior banyak juga yang fokus ke beberapa keahlian, biasanya karena hobi explore atau karena tuntutan pekerjaan.

Jenis-jenis Programmer

Programmer Web

Programmer Website atau yang sering dikenal dengan nama Web Developer, adalah jenis programmer yang bertanggung jawab dalam membangun sebuah website. Bahasa pemrograman yang sering digunakan yaitu seperti NodeJs, PHP, Ruby, Java, dan .NET.

Didalam web developer sendiri terdapat 3 bidang pekerjaan, yaitu:

  • Frontend Developer, bertugas untuk membuat dan merancang tampilan sebuah website.
  • Backend Developer, bertanggung jawab dan berfokus pada arsitektur sebuah website. Sehingga dapat mengomunikasikan antara database dengan antarmuka atau tampilan website.
  • Full Stack Developer, programmer yang dapat melakukan segalanya. Baik tugas frontend ataupum backend.

Programmer Aplikasi

Seorang programmer aplikasi adalah programmer yang bertugas untuk membuat aplikasi, baik itu untuk desktop maupun mobile. Contoh aplikasi desktop seperti antivirus, browser, ms office, dan lain-lain. Contoh aplikasi mobile, seperti daily tools (kalkulator, note, daftar belanja conversi mata uang, dan lainnya), sosial media (facebook, twitter, tiktok, instagram) dan aplikasi lain sebagainya.

Programmer Aplikasi Terdistribusi

Programmer Aplikasi Terdistribusi berperan untuk membuat aplikasi yang dapat dijalankan di banyak device dalam satu jaringan di waktu yang bersamaan. Bahasa pemrograman yang digunakan oleh programmer ini biasanya adalah bahasa C, visual, python, java dan visual basic.

Programmer Game

Programmer game adalah programmer yang bertanggung jawab dalam menulis code untuk membuat sebuah game. Game yang mereka buat baik itu game mobile, game desktop maupun game console.

Contoh game mobile, seperti game mobile legend, COC, PUBG, FF.

Contoh game dekstop, seperti game Dota2, LOL, Counter Strike, GTA 5.

Contoh game console, seperti console (PS4, PS5, Nintendo, XBox).

Jenis bahasa pemrograman yang biasanya digunakan adalah java, C++ atau javascript. Namun, bahasa pemrograman yang dipergunakan ini biasanya tergantung dari perusahaan pengembang.

Programmer Library

Programmer library merupakan programmer yang bertugas untuk membuat sebuah program atau fungsi yang dapat digunakan kembali. Contohnya kalian membuat library World Clock,yang digunakan untuk aplikasi conversi waktu dunia. Dengan begitu kalian dapat menghemat waktu dan tenaga saat membuat dan mengembangkan suatu aplikasi.

Programmer System

Programmer sistem merupakan programmer yang bertanggung jawab untuk menginstal, menyesuaikan, dan memelihara sistem operasi, dan juga menginstal atau meningkatkan produk yang berjalan pada sistem agar berjalan dengan baik. Pemrogram sistem atau Programmer sistem mempunyai peran penting dalam suatu organisasi atau departemen IT.

Baca Juga : 11 Aplikasi Terbaik untuk laptop Mac

Setidaknya ada 3 jenis programmer system, yaitu:

  • Programer kernel adalah programmer yang bertugas membuat program untuk mengatur permintaan input/output sebuah software. Yang kemudian permintaan atau instruksi tersebut akan diterjemahkan ke hardware lain. 
  • Programmer driver adalah programmer yang bertanggung jawab untuk membuat software khususnya interface agar dapat mengakses fungsi hardware tanpa perlu tahu rincian dari hardware tersebut.
  • Programmer compiler adalah programmer yang bertugas untuk mengubah kode dari bahasa pemrograman ke bahasa mesin yang dimengerti oleh processor komputer. Bahasa yang digunakan yaitu C atau pascal.

Fakta Menarik tentang Programmer

  1. Bagi kebanyakan Programmer dapat belajar dengan cepat dan beradaptasi. Jadi jika mereka gagal dalam hal keterampilan dasar dan tidak bisa beradaptasi, maka mereka tidak akan pernah menjadi pemrogram yang baik.
  2. Masih dipandang sebelah mata, memang tidak semua tapi masih banyak perusahaan yang memberikan gaji minim dengan pekerjaan setara satu divisi IT. 
  3. Fungsi atau sifat dari Programmer adalah sebagai pemecah masalah, karena itu mereka akan selalu menciptakan solusi yang baik dan ingin terus meningkatkannya. Sebab itulah, kemajuan teknologi terasa begitu cepat.
  4. Sebagai kunci di suatu perusahan, mengapa? Bayangkan gojek atau shopee tanpa seorang programmer, kalian pasti tidak bisa memesan ojek atau membeli sesuatu dari handphone kalian.
  5. Pemrograman adalah sebuah seni, tetapi kebanyakan manajer tidak mengerti akan hal ini dan terus meminta timeline project dan perkiraan tanggal penyelesaian. Sangat sulit untuk menentukan tanggal perkiraan, karena kita tidak pernah tahu masalah apa yang harus kita selesaikan sampai kita mulai untuk ngoding.
  6. Pada kenyataannya seorang progremmer menghabiskan sebagian besar waktunya bukanlah untuk memprogram. Tetapi sibuk membuka stackoverflow untuk menyelesaikan sejumlah masalah yang muncul, seperti kesalahan kompilasi, masalah konfigurasi, ketidak cocokan antar modul dan lain sebagainya.
  7. Hanya sedikit programmer yang memiliki communication skill yang baik. Mengapa? karena mereka terlalu sibuk di depan layar monitor .
  8. Kebanyakan programmer adalah orang yang ramah dan peduli kebutuhan orang lain. 

Summary

*Programmer merupakan pekerjaan untuk seorang yang tekun, rajin dan ulet. Sangat tidak cocok untuk orang yang malas, mudah menyerah dan juga tidak mau berkembang. Profesi ini bahkan telah menjadi trend siring dengan perkembang teknologi.

Semoga artikel tentang Apa itu Programmer, Dan juga fakta menarik tentang programmer ini bermanfaat dan membantu kalian. Jika kalian menyukai posting ini, kalian bisa membagikan artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *