Graviton Kode Editor Gratis Yang Minimalis dan Ringan

Graviton adalah kode editor lintas platform yang bersifat gratis, open source dan masih dalam tahap pengembangan. Kode editor ini dikembangkan oleh seorang developer bernama Marc Espin, menekankan bahwa itu adalah editor kode ‘minimalis’. Kode editor Graviton memiliki antarmuka pengguna yang bersih seperti editor kode modern lainnya seperti Atom.

Sang pengembang juga menyebutnya sebagai kode editor yang ringan meskipun faktanya bahwa Graviton dibuat dengan berbasis Electron. Graviton dilengkapi dengan fitur yang semua developer inginkan dalam editor kode standar seperti penyorotan sintaksis, pelengkapan otomatis, dll. Karena Graviton masih dalam tahap pengembangan beta, lebih banyak fitur akan ditambahkan ke dalamnya pada versi yang akan rilis mendatang.

Fitur editor kode Graviton

Beberapa fitur Graviton selain kode editor gratis ringan:

  • Penyorotan sintaksis untuk sejumlah bahasa pemrograman menggunakan CodeMirrorJS
  • Pelengkapan otomatis
  • Dukungan untuk plugin dan tema.
  • Tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan beberapa bahasa Eropa lainnya.
  • Tersedia untuk Linux, Windows dan macOS.

Saya pribadi saat mencoba dan melihat Graviton mungkin fitur-fitur tidak selengkap seperti VS Code atau Brackets, tetapi untuk beberapa pengeditan kode yang sederhana, kode editor ini tidak lahh buruk.

Baca juga tentang Tutorial Laravel: Cara Mudah Menghapus atau Uninstall Package Laravel dengan Composer?

Cara Download Graviton

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Graviton adalah editor kode lintas platform yang tersedia untuk Linux, Windows dan macOS. Kalian dapat menemukan versi terbaru Graviton di halaman rilisnya. Pengguna Debian dan Ubuntu dapat menginstalnya dari file deb. AppImage telah disediakan sehingga dapat digunakan di distribusi lain. File DMG dan EXE juga tersedia untuk macOS dan Windows. Untuk link downloadnya kalian bisa download graviton disini Download Graviton.

Jika kalian memutuskan untuk menggunakan Graviton dan menemukan beberapa masalah, silakan laporkan bug nya ke pengembang. Jika kalian menggunakan GitHub, kalian mungkin ingin membintangi proyek Graviton. Ini meningkatkan moral pengembang karena ia akan tahu bahwa lebih banyak pengguna menghargai usahanya.

Review Tentang Graviton

Setelah menggunakan kode editor gratis ringan yaitu Graviton saya pribadi bisa mengatakan, kode editor ini lumayan bagus. Yang membuat saya tertarik adalah kode editor ini ringan saat digunakannya. Saya sendiri saat berkerja menggunakan VS code karna fitur-fiturnya, tatapi saat saya mengedit kode yang hanya satu atau dua baris saya menggunkan Graviton.  Pengalaman lain saya saat menggunakan graviton adalah saat saya sedang memperbaiki kode website langsing ke server. Hal tersebut membuat saya harus meremote PC atau laptop di server yang spesifikasinya sangat lahh buruk bisa dibulang lemot. Disitulah Graviton sangat membatu saya.

Begitulah review dan pendapat saya tentang Gravito, jika kalian ada pertanya silahkan tabnyakan pada kolom komentar.

No votes yet.
Please wait...
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *