Transaksi Bisnis Makin Mudah dengan Pembayaran Digital 💳 di BukuWarung

Dalam dunia bisnis, baik skala kecil maupun besar dibutuhkan pencatatan yang baik agar arus kas tercatat dengan rapi. Namun, permasalahan muncul pada bisnis skala kecil, dimana tidak ada akses untuk menggunakan software pembukuan sehingga seringkali arus kas tidak diketahui dengan baik.

BukuWarung hadir untuk menjawab persoalan tersebut, sehingga pengusaha kecil tidak perlu lagi repot membukukan arus kas keuangan. Sangat membantu, bukan? Untuk mengetahui lebih lanjut aplikasi yang BukuWarung, yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu BukuWarung?

Aplikasi Pencatatan Keuangan GRATIS untuk Semua Jenis Usaha

Di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali orang yang menggunakan smartphone, termasuk para pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).
Aplikasi BukuWarung merupakan sebuah aplikasi pencatatan digital yang berguna untuk mencatat segala transaksi keuangan bagi para pengusaha UMKM.
 
Masalah keuangan yang banyak dijumpai pada pengusaha skala kecil adalah catatan keuangan yang berantakan. Contohnya saja pengusaha toko kelontong. Banyak yang mencatat uang masuk dan keluar secara manual pada buku.
 
Dengan cara manual seperti itu lebih banyak menghabiskan waktu dan kurang rapi. Belum lagi kalau buku tersebut hilang atau nota-nota manual juga tidak dirapikan, maka yang terjadi adalah adanya miss pada keadaan riil dengan yang tercatat.

4.4

Rating di PlayStore

6.5M+

UMKM Telah Mempercayainya

5M+

Download di PlayStore

Data diperoleh dari Google Play yang diakses pada tanggal 17 Oktober 2021

✨ Fitur Keren di BukuWarung ✨

Dengan Fitur BukuWarung yang lengkap, Ubah Cara Manual Menjadi Digital

BukuWarung Fitur Transaksi

Fitur Transaksi

Di dalam Fitur Transaksi Anda dapat mencatat Pengeluaran dan Pemasukan  dengan mudah dan rapih. Dengan fitur ini keuntungan usaha bisa dengan mudah diketahui tanpa harus menghitung manual dengan kalkulator.

Cara melakukan pencatatan transaksi:

  • Pilih menu Transaksi, lalu klik Catat Transaksi
  • Pilih jenis transaksi Pengeluaran atau Penjualan.
  • Isi data transaksi Anda
  • Lalu Simpan.

Fitur Utang adalah salah satu fitur unggulan di aplikasi BukuWarung. Dengan fitur ini Anda dapat mencatat utang atau piutang pelanggan. Tidak hanya itu dengan Fitur Utang dapat Anda gunakan untuk:

  • Mengirim dan menerima tagihan utang dari pelanggan.
  • Mengirim pesan pengingat utang kepada pelanggan,
  • Mengatur tanggal jatuh tempo tagihan kepada pelanggan
BukuWarung Fitur Utang

Fitur Utang

BukuWarung Fitur Stok

Fitur Stok

Kelola stok barang sekarang sudah tidak sulit lagi. Sekarang Anda bisa mencatat stok barang dengan praktis dan akurat dengan BukuWarung.

Fitur ini akan muncul jika Anda sudah memasukkan minimal 3 catatan pada halaman transaksi.

Kelola stok barang sekarang sudah tidak sulit lagi. Sekarang Anda bisa mencatat stok barang dengan praktis dan akurat dengan BukuWarung.

Fitur ini akan muncul jika Anda sudah memasukkan minimal 3 catatan pada halaman transaksi.

Pembayaran Digital

BukuWarung Fitur Mode Kasir

Fitur Mode Kasir

Fitur mode kasir BukuWarung merupakan sebuah fitur untuk mencatat penjualan dengan mudah dan cepat, sama halnya dengan mesin kasir.

Fitur Mode Kasir bisa digunakan setelah Anda melakukan minimal 1 transaksi dan menambah 1 stok barang

Cara menggunakan Mode Kasir:

  • Mode Kasir yang berada di dalam menu Transaksi atau Stok.
  • Pilih barang dan masukan jumlah yang akan di jual
  • Pastikan barang dan jumlahnya sudah sesuai
  • Klik Simpan untuk melihat total yang harus dibayar

Kartu Nama Digital adalah fitur yang bisa membuat kartu nama dalam bentuk digital. Fitur ini bisa jadi media promosi bisnis Anda jika dibagikan lewat sosial media. Seperti Instagram, WhatsApp,  email dan sosial media lainnya.

Cara membuat kartu nama digital:

  • Masuk ke menu Lainnya
  • Pilih Kartu Nama.
  • Masukkan Nama Usaha, Nama Anda, dan No. HP. (jika Anda sudah melengkapi data profile field ini akan otomatis terisi)
  • Setalah itu masukkan Slogan dan Lokasi jika Anda mau
  • Jika sudah selesai, klik Simpan.
BukuWarung Fitur Kartu Nama Digital

Kartu Nama Digital

PPOB (Pulsa, Listrik, E-Wallet, Paket Data)

Anda juga bisa mencari penghasilan tambahan. Dengan cara menyediakan kebutuhan harian pelanggan dengan jual pulsa, token listrik, dan saldo e-wallet dari BukuWarung.

#UntungPakaiBukuWarung

6 Keuntungan Pakai BukuWarung 😊

Sangat Mudah dan Praktis

Dengan adanya aplikasi ini, maka pencatatan arus kas pengusaha UMKM menjadi lebih praktis. Lebih menariknya lagi, Anda bisa mengelola lebih dari satu toko yang Anda miliki lewat aplikasi ini. Jadi semakin mudah dan anti ribet.

Gratis dari Biaya Admin

Semua fitur pada aplikasi ini tidak dikenakan biaya sama sekali, termasuk transaksi antar bank yang bebas biaya admin. Tidak perlu khawatir, aplikasi ini dijamin 100% aman. Semua catatan Anda tersimpan rapi dalam server BukuWarung.

Kelola Stok Menjadi Efisien

Dengan BukuWarung mencatat barang masuk atau keluar menjadi lebuh mudah dan efisien. Jadi tidak ada lagi kesalahan catat stok barang.

Media Promosi Bisnis

Selain digunakan untuk pencatatan keuangan, aplikasi BukuWarung juga menyediakan layanan kartu nama digital agar bisa mempromosikan bisnis di media sosial.

Sumber Penghasilan

Anda bisa juga mencari penghasilan tambahan dengan BukuWarung. Yaitu dengan cara berjualan pulsa, listrik, dan top up e-wallet.

Bisa Lebih Dari 1 Bisnis

Anda bisa membuat pembukuan terpisah untuk beberapa bisnis. Pembukuan menjadi lebih rapih dan tidak tercampur.

Tagih dan Kirim Uang dari Pelanggan Pakai Buku Warung

Terdapat fitur pembayaran digital dalam aplikasi BukuWarung yang tidak hanya berguna untuk membayar transaksi ke rekan bisnis melalui transfer ke rekening, namun dapat menagih dan menerima pembayaran transaksi dan juga utang  pelanggan tanpa komisi dan bebas biaya admin. Bagaimana caranya?

Langkah Pertama adalah dengan membuka aplikasi BukuWarung. Terdapat tiga pilihan fitur, yaitu utang piutang, transaksi, dan lainnya. Jika Anda mau menggunakan untuk menagih pembayaran pelanggan, maka pilihlah menu ‘lainnya’.

Langkah kedua, di sebelah atas akan muncul menu ‘pembayaran digital’. Disitu terdapat dua pilihan, ‘bayar’ atau ‘tagih’. Pilihlah ‘tagih’.

Langkah ketiga, Anda bisa memilih pelanggan mana yang akan ditagih dalam menu daftar pelanggan. Namun jika belum ada, Anda bisa menambahkannya dengan klik ‘tambah pelanggan baru’, lalu tambah rekening milik Anda.

Anda diharuskan untuk membuat dan mengkonfirmasi PIN sejumlah empat digit. Pilih ‘Bank’, cantumkan nomor rekening dan klik ‘periksa’. Jika rekening sudah terverifikasi, maka Anda dapat melanjutkan ke klik ‘simpan rekening’.

Langkah keempat, masukkan nominal sebesar yang akan ditagihkan. Setelah itu klik lanjutkan. Lalu muncul konfirmasi penagihan yang terdiri dari nomor rekening Anda dan ringkasan penagihan yang berisi nominal dan catatan penagihannya. Silakan Anda cek sekali lagi untuk memastikan bahwa semua data sudah benar.

Langkah kelima, klik ‘minta pembayaran’ untuk memunculkan link pembayaran. Link pembayaran itu nantinya dapat dikirim melalui berbagai aplikasi pesan yang Anda miliki, seperti SMS, whatsapp, telegram, dan lain-lain.

Pilihlah kontak pelanggan yang akan Anda kirimkan link penagihan. Pelanggan akan menerima link pembayaran dan bisa memilih metode pembayaran melalui transfer bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan Permata Bank) atau melalui dompet digital seperti OVO, Dana, dan ShopeePay.

Pelanggan yang membayaran melalui link ini tidak akan terkena potongan transfer atau bank, alias gratis. Perlu diketahui, untuk masa berlaku link pembayaran adalah selama lima hari, ya. Bagaimana? Sangat mudah dan praktis bukan?

Anda juga bisa menagih hutang pelanggan melalui fitur ‘utang piutang’. Tinggal klik saja fitur tersebut, lalu pilih nama pelanggan yang akan ditagih, setelah itu klik icon ‘pembayaran’. Langkah-langkahnya sama saja dengan yang sudah dijelaskan di atas.

Cara Kirim Uang di

Selain menagih, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membayar ke rekan bisnis. Caranya pun sangat mudah dan praktis.

  • 1. Pilih ‘Fitur Lainnya’
  • 2. Input Data Rekan Bisnis
  • 3. Konfirmasi Pembayaran
  • 4. Lakukan Pembayaran
Pertama, pilih fitur ‘lainnya’. Lalu pada kolom pembayaran digital, pilihlah icon ‘bayar. Kemudian Anda akan diarahkan pada pemilihan daftar nama yang akan Anda bayar.
Sama seperti penagihan,jika Anda belum memiliki daftar pelanggan yang akan dituju, Anda bisa klik ‘tambah pelanggan baru’.

Masukkan nama rekan bisnis dan juga nomor teleponnya, lalu masukkan jumlah yang akan dikirim. Klik ‘tambah rekening’ untuk menambah nomor rekening penerima. Kemudian lengkapi pilihan bank dan nomor rekening si penerima. Jika sudah terverifikasi, klik ‘simpan rekening’.

Setelah itu akan muncul konfirmasi transaksi pembayaran yang terdiri dari catatan pembayaran dan nomor rekening penerima. Pada langkah tersebut Anda juga bisa melihat ringkasan transaksi berikut dengan nomor rekening penerima, dan juga memilih metode pembayaran.

Jika semua hal di atas sudah benar, klik ‘lakukan pembayaran’. Anda akan diarahkan pada halaman petunjuk pembayaran yang berisi ingin melakukan transfer ATM, mbanking, atau ibanking.
Pada halaman itu juga terdapat pemberitahuan maksimal waktu pembayarannya. Semua dapat dilakukan tanpa ada biaya transfer sama sekali.

Jika Anda pernah melakukan utang usaha, Anda juga bisa membayarnya melalui aplikasi BukuWarung ini. Pilihlah fitur ‘utang piutang. Kemudian klik transaksi piutang yang akan dibayar. Pilih kepada siapa Anda akan melakukan pembayaran.

Setelah itu, klik icon pembayaran lalu klik ‘bayar’. Langkahnya juga sama seperti yang dijelaskan di atas, ya. Bagaimana? Sangat mudah dan praktis bukan? Aplikasi BukuWarung ini bisa membantu Anda,  para pengusaha UMKM untuk merapikan dan menyederhanakan catatan keuangan usaha Anda.

Do You Have Questions?

🙋 BukuWarung FAQs

Dijamin sangat aman. Data keuangan Anda yang ada di aplikasi BukuWarung akan tersimpan aman di server BukuWarung. Jadi tunggu apalagi download BukuWarung sekarang.

Anda bisa menngunakan Aplikasi BukuWarung 100% GRATIS. Dan Anda bisa bayar, tagih, dan terima transaksi bisnis GRATIS biaya admin. Anda juga bisa langsung kirim uang antar bank tanpa biaya admin.

Selain bisa untuk mencatat keuangan pribadi, Aplikasi BukuWarung juga bisa digunakan untuk segala jenis bidang usaha.

Contohnya: Toko Kelontong, Warung Makan, Konter Pulsa dan PPOB, Distributor dan Supplier, Kedai Minuman atau Cafe, Tempat Kursus atau Bimbel, Agen Wisata Tour Travel, Toko Material Bangunan, Rental Mobil dan Motor, Kost dan Penginapan, Penyewaan Barang, Toko Online, Perikanan, Pertanian, Koperasi, Bengkel, Laundry, Warnet, Jasa, Salon ,Tukang Kredit, Keuangan keluarga.

Bisa banget, jika Anda ingin memisahkan pembukuan untuk bisnis-bisnis Anda. Membuat pembukuan terpisah untuk beberapa bisnis Anda. Jadi pembukuan usahamu tidak perlu takut  tercampur.

Caranya pun sangat mudah, Anda hanya harus mengikuti langkah berikut ini.

  • Klik icon di pojok kiri atas
  • Klik Tambah Usaha Baru
  • Masukkan nama usaha baru kamu
  • Pilih Kategori Usaha
  • Klik Simpan

Sampai artikel ini publish. Aplikasi BukuWarung masih belum tersedia di perangkat Apple iOS, dan baru tersedia di perangkat Android.

Kesimpulan

📈 Pentingnya BukuWarung Bagi UMKM

Banyak UMKM yang belum mengetahui pentingnya membuat laporan keuangan yang baik dan benar. Masih sangat sedikit yang membuat laporan keuangan dengan rapi sesuai dengan standar akuntansi. Bahkan masih banyak yang UMKM yang melakukan pembukuan dangan cara manual yang tidak praktis. Padahal, pembukuan atau laporan keuangan memiliki peranan penting dalam mengendalikan sebuah bisnis.

Dengan melihat masalah tersebut, BukuWarung hadir dengan Aplikasi Pembukuan Keuangan untuk UMKM. Dengan fitur yang lengkap BukuWarung memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha. Selain itu, aplikasi BukuWarung juga sangat cocok untuk melakukan pengelolaan transaksi penjualan dan utang piutang, Pengelolaan Stok serta Pembayaran Digital.

Bukan hanya itu terdapat juga fitur keren untuk menagih utang. Jadi Anda tidak perlu repot untuk menagih utang pada pelanggan. BukuWarung juga bisa digunakan sebagai media untuk menjual pulsa, token listrik, paket data, dan mengisi dompet digital melalui sistem PPOB.

Jadi tunggu apa lagi, Ayoo Download BukuWarung. Rasakan kemajuan usaha Anda dengan BukuWarung.

Download Aplikasi BukuWarung

SEKARANG!!!​ ✅

Buruan download BukuWarung Gratis di PlayStore dan buktikan sendiri manfaatnya.

Jangan lupa untuk memberikan review mengenai BukuWarung. Ini review dari Mohsai di PlayStore.

Sumber :

  • Pengalaman menggunakan BukuWarung
  • Website BukuWarung
  • Aplikasi BukuWarung
  • Screenshot Aplikasi BukuWarung
  • Background dan Element, freepik.com
  • Icon, flaticon.com
  • Video, Youtube BukuWarung

One Reply to “Transaksi Bisnis Makin Mudah dengan Pembayaran Digital di BukuWarung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *