Mengenal Apa itu file PEM dan Contohnya
Mengenal Apa itu file PEM dan Contohnya

Privacy Enhanced Mail (PEM) adalah sekumpulan sertifikat yang digabungkan dalam satu file, yang berguna untuk menginstal SSL. Dalam konteks ini, server memerlukan impor dari satu file tunggal. File sertifikat PEM sering diperlukan dalam instalasi SSL pada server berbasis Windows hingga Apache-Linux MySQL PHP (LAMPP).

Apa itu file PEM? 

Ekstensi file Privacy-Enhanced Mail (PEM) adalah format yang terutama digunakan untuk mengirimkan data, sertifikat, email, dan kunci kriptografi secara pribadi. Format file PEM adalah cara tamperproof dan aman menyimpan dan mentransfer data.

Sebagai ‘file .pem’ dapat menyimpan banyak jenis data; itu mewakili data dengan akhiran yang sesuai. Sementara yang paling umum adalah .pem suffix, yang lain termasuk .key untuk kunci pribadi dan .cer atau .crt untuk sertifikat. Format file PEM mengkodekannya dengan skema pengkodean biner-ke-teks – base64 sehingga mewakili data biner dalam string ASCII.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Dan Mematikan hyper-v di Windows

Sebagai contoh, file PEM adalah hasil dari menggabungkan Certificate (CRT), InterCert, dan RootCert, atau juga bisa terdiri dari penggabungan antara file CRT dan Intermediate saja. Komposisi file tersebut disesuaikan dengan kebutuhan server yang bersangkutan.

Aplikasi yang mampu membuka file PEM mencakup Code Editor seperti Visual Studio Code, Notepad++ atau editor teks seperti Microsoft Notepad dan Apple TextEdit.

Meskipun kemajuan teknologi telah mengarah ke alternatif yang lebih aman untuk wadah PEM, masih dimanfaatkan untuk menyimpan sertifikat publik dan pribadi, sertifikat root dan banyak lainnya.

Tidak seperti kebanyakan format file yang mudah dikonversi melalui alat konversi online, pengguna memerlukan aplikasi khusus untuk mengonversi file yang memiliki ekstensi .pem. PuTTYgen adalah salah satu aplikasi yang dengan cepat mengkonversi file .pem ke .ppk.

Contoh File PEM

Berikut ini contoh File PEM bentuk SERTIFIKAT:

---- BEGIN CERTIFICATE---- 

WhhsYjdmgGz7zbC1mcJ2rcNAQEEBBAYTAlVTMRMwMIICCDAaBgkqhkiG9lVTMRMwMIICCDAaBgkqhkiG9w0BBQMwDQQIIfYwDQYJKoZIhvcMIICUDCCAdoCBDaM1tYwDQYJKoZIhvcNAQEEBQAwgY8xCzAJBgNVBAYTAlVTMRMwMIICCDAaBgkqhkiG9w0BBQMwDQQIIfYyHAGSaEECAQUQAwgY8xCzAJBgNVNAQEEBQAwgY8xCzAkiG9w0BBQMwDQQIIfYyAEFKaEECAQUEggHozdmgGz7wgY8xCzAJBgNVBAYTAlVTMRMwMIICCDAaBgkqhkiG9w0BBQMwDQQIIfYyAEFKaEECAQUEggHozdmgGz7zbC1mcJ2rcNAQEEBQAwgY8xCzAJBgNVBSJAKSJDMR

----END CERTIFICATE----

File PEM dengan bentuk RSA dimulai seperti berikut.

-----BEGIN RSA PRIVATE KEY-----

Format File PEM

PEM merupakan format file container yang menentukan struktur dan jenis encoding yang digunakan untuk menyimpan data. Berkas PEM disimpan di dalam disk dalam bentuk encoding Base64 yang tidak terbaca oleh manusia. Standar mendefinisikan bahwa berkas PEM diawali oleh:

-----BEGIN <type>-----

dan diakhiri dengan:

-----END <type>-----

Semua isi lainnya di dalamnya di-enkode dalam Base64 (termasuk huruf besar dan kecil, angka, +, dan /). Berkas PEM tunggal dapat terdiri dari beberapa blok yang dapat dimanfaatkan oleh program lain. Jika file PEM memuat beberapa sertifikat, setiap sertifikat dipisahkan oleh blok yang terpisah, sebagai berikut:

Baca Juga : Apa Itu Putty ? Apa saja fiturnya

-----BEGIN CERTIFICATE-----

//end-user

-----END CERTIFICATE-----

-----BEGIN CERTIFICATE-----

//intermediate

-----END CERTIFICATE-----

-----BEGIN CERTIFICATE-----

//root

-----END CERTIFICATE-----

Semoga artikel tentang Mengenal Apa itu file PEM? dan Contohnya ini dapat bermanfaat untuk temen-temen semua yaa.

Berita sebelumyaPengertian Gadget Adalah? Jenis, Fungsi, dan Contohnya
Berita berikutnya9 Perbedaan Smart TV dan Android TV, Baca Dulu Sebelum Beli TV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here