Putty adalah emulator terminal yang bersifat open-source, konsol serial dan aplikasi transfer file jaringan. Aplikasi ini mendukung beberapa protokol jaringan, termasuk SCP, SSH, Telnet, rlogin, dan koneksi soket mentah.

Putty pada awalnya ditulis untuk Microsoft Windows saja, tetapi sekarang telah dikembamgkan ke berbagai sistem operasi lain. Putty tersedia resmi untuk beberapa platform seperti Unix.

Sejarah Putty

Putty ditulis dan dikembangkan oleh Simon Tatham, seorang programmer asal Inggris. Pengembangan PutTY dimulai pada akhir tahun 1998. Lalu ditahun berikutnya putty pertama kalinya diluncurkan, tepatnya pada tanggal 8 January 1999. Dan pada oktober 2000 putty dapat digunakan sebagai klien SSH-2.

Fitur Putty

Putty mendukung banyak variasi pada terminal jarak jauh yang aman, dan menyediakan kontrol pengguna atas kunci enkripsi SSH dan versi protokol, sandi alternatif seperti AES, 3DES, RC4, Blowfish, DES, dan otentikasi kunci publik. Putty mendukung SSO melalui GSSAPI, termasuk DLS GSSAPI yang disediakan pengguna.  Ia juga dapat meniru urutan kontrol dari xterm, VT220, VT102 atau emulasi terminal ECMA-48, dan memungkinkan penerusan port lokal, jarak jauh, atau dinamis dengan SSH (termasuk penerusan X11). Lapisan komunikasi jaringan mendukung IPv6, dan protokol SSH mendukung skema kompresi tertunda [email protected] Itu juga dapat digunakan dengan koneksi port serial lokal.

PuTTY dibundel dengan klien command-line SCP dan SFTP, masing-masing disebut “pscp” dan “psftp”, dan plink, alat koneksi baris perintah, yang digunakan untuk sesi non-interaktif.

Baca Juga : Cara Export dan Import Data PuTTY Sessions Dan Settings

Komponen Putty

  • Putty: Telnet, rlogin, dan klien SSH itu sendiri, yang juga dapat terhubung ke port serial
  • PSCP: klien SCP, yaitu salinan file aman baris perintah.  Bisa juga menggunakan SFTP untuk melakukan transfer
  • PSFTP: klien SFTP, mis. Sesi transfer file umum seperti FTP
  • PuTTYtel: klien khusus Telnet
  • Plink: antarmuka baris perintah ke ujung belakang Putty.  Biasanya digunakan untuk SSH Tunneling
  • Kontes: agen otentikasi SSH untuk Putty, PSCP, dan Plink
  • PuTTYgen: utilitas generasi kunci RSA, DSA, ECDSA dan EdDSA
  • pterm: (Hanya versi Unix) klien X11 yang mendukung emulasi terminal yang sama dengan Putty

Semoga tutorial tentang cara memindahkan settingan putty ini dapat berguna, dan dapat membantu kalian.

Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/PuTTY