5 Hal yang Harus Dihindari saat Kehamilan

1 min read

5 Hal yang Harus Dihindari saat Kehamilan

Kesehatan dan kesejahteraan ibu dan janin yang sedang berkembang menjadi perhatian utama selama kehamilan, jadi yang terbaik adalah menghindari mengkonsumsi makanan tertentu dan melakukan kegiatan yang berpotensi berisiko. Sebagian besar ibu biasanya melanjutkan aktivitas sehari-hari selama kehamilan, Seperti bekerja, merokok dan hal-hal yang tidak baik untuk janin lainnya. Pantangan ibu hamil yang disebutkan tadi haruslah dihindari, para calon ibu hanya perlu melakukan beberapa perubahan gaya hidup kecil. 

Dalam artikel ini, akan membahas hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil.

1. Merokok

Kebanyakan dokter atau bahkan semua dokter menyarankan calon ibu untuk tidak merokok. Merokok memiliki dampak negatif pada perkembangan dan kesehatan bayi. Nikotin dan senyawa lainnya sangat berbahaya, sehingga berat si kecil saat lahir rendah dan masalah fisik lainnya untuk bayi yang lahir dari ibu yang merokok.

2. Kafein

Seperti orang dewasa lainnya yang mencari makan pagi, ibu hamil sering terbiasa minum kopi atau teh setiap hari. Minuman kopi dan teh memiliki kandungan kafein didalamnya. Sayangnya untuk ibu hamil yang tergantung kafein, ada batasan yang dikenakan pada jumlah konsumsi yang dianggap aman selama kehamilan. Cola dan soda lainnya, minuman berenergi, kopi, teh, serta cokelat dan coklat masing-masing mengandung kafein. 

3. Alkohol

Tidak ada tingkat konsumsi alkohol yang terbukti aman yang ditujukan untuk ibu hamil. Dengan kata lain, pendekatan terbaik untuk alkohol dan kehamilan adalah sepenuhnya menjauhkan diri dari penggunaan alkohol. Sementara konvensi sosial menetapkan jumlah konsumsi yang moderat mungkin tidak merusak kehamilan ibu atau anak yang dihasilkan, banyak ibu hamil mempertahankan larangan keras untuk minum.

4. Bahan kimia

Banyak bahan kimia yang berisiko bagi orang dewasa dan juga berbahaya untuk bayi yang sedang berkembang. Meskipun para calan ibu mungkin tidak terganggu oleh kontak dengan bahan kimia, akan tetapi belum tantu aman untuk sikecil. Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, seperti semprotan oven, serta cat dan pernis harus dihindari selama kehamilan. Dan menggunakan pembasmi serangga juga bisa membuat bayi terkena bahan kimia berbahaya.

5. Stres

Mempersiapkan diri untuk kelahiran ditambahkan dengan sedang mengandung, calon ibu menanggung beban luar biasa selama kehamilan. Akibatnya, Seorang ibu mengalami perubahan suasana hati dan rintangan emosional lainnya selama kehamilan. Mengenali sifat sementara dari situasi dan menantikan hari-hari yang lebih cerah adalah strategi yang digunakan oleh calon ibu yang berpikiran maju, dapat membantu mereka melewati masa-masa sulit.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *