Tidak Mau Kalah, Oppo Air Glass 3 Akan Dibekali Fitur AI

Saifuddin Romli |

Tidak Mau Kalah, Oppo Air Glass 3 Juga Dibekali Fitur AI

Oppo turut meramaikan acara Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol, dengan menghadirkan kacamata pintar canggih yang diberi nama Oppo Air Glass 3. Perangkat ini mengintegrasikan teknologi realitas campuran (XR) dan kecerdasan buatan (AI) generatif.

Oppo Air Glass 3 dapat mengakses ke model AI AndesGPT Oppo melalui smartphone. Model AI generatif ini memiliki kemampuan untuk memahami berbagai jenis data, termasuk teks, gambar, video, dan audio. Dengan dukungan model AI ini, Oppo Air Glass 3 dapat melaksanakan beragam fungsi, mulai dari menampilkan informasi, melakukan pencarian gambar, mengontrol musik, hingga menjalankan panggilan suara, dan banyak lagi.

Baca Juga : Resmi Dirilis Secara Global, Inilah Spesifikasi Xiaomi 14 dan 14 Ultra

Oppo Air Glass 3 dirancang dengan desain yang ringan, hanya seberat 50 gram, serta menggunakan gelombang resin buatan mereka sendiri dengan indeks bias 1,70. Hal ini memberikan tampilan penuh warna terbaik di kelasnya. Kacamata ini juga memiliki kecerahan puncak mata lebih dari 1.000 nits, mampu menyesuaikan diri dengan kondisi cahaya sekitar.

Kacamata pintar ini  mampu mengenali perintah suara pengguna dengan respons yang memuaskan. Kacamata ini juga menyokong interaksi sentuhan, memungkinkan pengguna untuk menggeser, mengetuk, atau menekan layar.

Di samping itu, kacamata ini dilengkapi dengan empat mikrofon yang dirancang untuk meningkatkan isolasi kebisingan dan menghasilkan output audio berkualitas tinggi. Oppo meyakini bahwa Air Glass 3 memiliki sejumlah keunggulan yang dapat memberikan pengalaman yang unik bagi para penggunanya.

Baca Juga : Chip Modem Qualcomm Snapdragon X80 5G Memiliki Fitur Komunikasi Satelit

Fitur Oppo Air Glass 3

  • Memiliki fitur XR yang mengesankan, menghubungkan pengguna dengan dunia nyata dan virtual secara bersamaan. Konten menarik, seperti game, video, atau aplikasi, dapat dinikmati dengan tampilan yang realistis dan interaktif.
  • Dilengkapi dengan AI yang generatif, memungkinkan pengguna untuk menciptakan konten baru berdasarkan data yang tersedia. Model AI AndesGPT dapat digunakan untuk berbagai kegiatan kreatif, mulai dari membuat puisi, lagu, cerita, kode, hingga parodi selebriti, dengan memanfaatkan kata-kata dan pengetahuan pengguna sendiri.
  • Oppo Air Glass 3 membawa pengalaman AI yang intuitif, mengurangi ketergantungan pada smartphone. Akses ke model AI AndesGPT dapat dilakukan melalui aplikasi smartphone tanpa perlu mengunduh atau memasang aplikasi tambahan. Kacamata ini juga dapat terhubung dengan perangkat lain, seperti Microsoft Copilot, untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna.

Akan tetapi sangat disayangkan, karena kacamata pintar ini masih berada dalam tahap prototipe, sehingga belum ada informasi resmi mengenai ketersediaan dan harga di pasaran. Oppo memiliki rencana untuk menyematkan berbagai fitur AI generatif di perangkatnya, termasuk AI Eraser untuk foto, yang akan segera hadir di ponsel Reno11 dan Find N3 dalam waktu dekat.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Programmer yang hobi menulis, dan menyukai dunia teknologi, game, travel, kuliner dan gadget.