Mengenal Laravel 6, Banyak Fitur Baru

Mengenal Laravel 6, Banyak Fitur Baru

Laravel 6 adalah Laravel versi terbaru saat ini. Laravel 6 (LTS) merupakan pengembangan dan  peningkatan dari versi sebelumnya, yaitu Laravel 5.8. Pada versi terbaru ini Laravel 6 memperkenalkan Semantic Versioning, kompatibilitas dengan Laravel Vapor, peningkatan authorization responses, job middleware, lazy collections, peningkatan subquery, ekstraksi perancah frontend ke paket komposer laravel / ui, dan  berbagai perbaikan bug lainnya dan peningkatan kegunaan.

Untuk versi LTS di Laravel 6, perbaikan bug diberikan selama 2 tahun dan perbaikan keamanan disediakan selama 3 tahun. Laravel versi 6 adalah versi terpanjang dalam menyediakan dukungan dan pemeliharaan.

VersionReleaseBug Fixes UntilSecurity Fixes Until
6 (LTS)September 3rd, 2019September 3rd, 2021September 3rd, 2022

Fitur Baru Laravel 6

Semantic Versioning

Pada Framework Laravel saat ini sudah mengikuti standar Semantic Versioning. Hal ini membuat framework konsisten dengan paket Laravel pihak pertama lainnya yang sudah mengikuti standar versi ini. Siklus rilis Laravel akan tetap tidak berubah.

Laravel Vapor

Laravel Vapor dikembangkan pertama kali  oleh Taylor Otwell.Di versi Laravel 6 menyediakan kompatibilitas dengan Laravel Vapor, sebuah platform penyebaran tanpa server skala-otomatis untuk Laravel. Vapor mengabstraksikan kompleksitas mengelola aplikasi Laravel pada AWS Lambda, serta menghubungkan aplikasi-aplikasi tersebut dengan antrian SQS, basis data, klaster Redis, jaringan, CloudFront CDN, dan banyak lagi.

Peningkatan Exceptions Melalui Ignition

Laravel 6 dilengkapi dengan Ignition. Sebuah Exceptions laman detail yang dibuat oleh Freek Van der Herten dan Marcel Pociot. Ignition menawarkan banyak manfaat dibandingkan rilis sebelumnya, seperti peningkatan file kesalahan Blade dan penanganan nomor baris, solusi runnable untuk masalah umum, pengeditan kode, berbagi pengecualian, dan peningkatan UX.

Peningkatan Authorization Responses

Peningkatan dari respons otorisasi diterapkan oleh Gary Green. Dalam versi Laravel sebelumnya, sulit untuk mengambil dan mengekspos pesan otorisasi khusus kepada pengguna akhir. Hal ini membuat sulit untuk menjelaskan kepada end user persis mengapa permintaan tertentu ditolak. Pada versi Laravel 6, sekarang jauh lebih mudah dengan menggunakan pesan respons otorisasi dan metode Gate :: inspect yang baru.

Job Middleware

Taylor Otwell mengimplementasikan Job Middleware ke dalam Laravel 6. Job Middleware memungkinkan kalian untuk membungkus logika kustom di sekitar pelaksanaan pekerjaan yang antri, mengurangi boilerplate dalam pekerjaan itu sendiri.

Lazy collections

Lazy collections diimplementasikan oleh Joseph Silber. Banyak developer yang sudah menikmati metode Laravel Collection yang powerful. Untuk melengkapi class Collection yang sudah powerful. Laravel 6 memperkenalkan LazyCollection, yang memanfaatkan generator PHP untuk memungkinkan kalian bekerja dengan kumpulan data yang sangat besar sambil menjaga penggunaan memori tetap rendah.

Sebagai contoh, bayangkan jika aplikasi kalian perlu memproses file log multi-gigabyte sambil mengambil keuntungan dari metode pengumpulan Laravel untuk mengurai log. Alih-alih membaca seluruh file ke memori sekaligus, koleksi malas dapat digunakan untuk menyimpan hanya sebagian kecil file dalam memori pada waktu tertentu.

Subquery Enhancements Eloquent

Peningkatan subquery diimplementasikan oleh Jonathan Reinink. Laravel 6 memperkenalkan beberapa peningkatan baru dan peningkatan dukungan subquery database. Sebagai contoh, mari kita bayangkan bahwa kita memiliki tabel tujuan penerbangan dan tabel penerbangan ke tujuan.  Tabel penerbangan berisi kolom arrived_at yang menunjukkan kapan penerbangan tiba di tujuan.

Menggunakan fungsi pilih subquery baru di Laravel 6, kita dapat memilih semua tujuan dan nama penerbangan yang paling baru tiba di tujuan itu menggunakan satu permintaan.

Laravel UI

Tampilan frontend yang biasanya disediakan dengan rilis Laravel sebelumnya telah diekstraksi menjadi paket Composer laravel / ui.  Ini memungkinkan perancah UI pihak pertama untuk dikembangkan dan diversi secara terpisah dari kerangka kerja utama. Sebagai akibat dari perubahan ini, tidak ada kode Bootstrap atau Vue yang ada di scaffolding framework default, dan perintah make: auth telah diekstraksi dari framework juga.

Sumber : https://laravel.com/docs/6.x/releases

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *