5 Text Editor terbaik untuk ngoding

Saifuddin Romli |

Bagi kalian yang baru ingin terjun ke dunia pemrograman, khususnya pemorgraman web. Pastilah membutuhkan aplikasi atau tools seperti Text Editor. Sebelum kalian memulai ngoding alangkah baiknya kalian menyiapkan Kode Editor yang nyaman untuk kalian gunakan.

Apa Itu Text Editor?

Text Editor adalah aplikasi yang digunakan untuk membuka, menulis, dan mengedit barisan code atau syntax. Berbeda dengan Microsoft Word yang merupakan software pengolah kata, Text Editor hanya bisa mengolah plain text atau teks biasa.

5 Text Editor terbaik

Berikut 5 Text Editor yang Mohsai rekomendasikan bagi kalian yang beru terjun kedunia pemrograman.

Visual Studio Code

Sudah pasti yang pertama adalah Visual Studio Code atau sering disebut VScode. Diperkenalkan pada tahun 2015, VScode dengan cepat menjadi salah satu editor terbaik dan paling populer. VScode juga didasarkan pada kerangka elektron seperti atom tetapi cukup cepat dan lebih responsif. Mudah digunakan, cukup instal, dan siap digunakan untuk apa saja. Ini fitur Intellisense dan autocomplete, dukungan built-in git, banyak ekstensi hebat dan opsi yang sangat dapat disesuaikan.

Atom

Atom adalah proyek sumber terbuka yang dimulai oleh github yang sekarang dimiliki oleh Microsoft. Itu adalah editor yang sangat dapat disesuaikan. Text editor ini kompetibel diberbagai sistem operasi seperti  macOS, Linux, dan Microsoft Windows. Menampilkan beberapa panel, pelengkapan otomatis, banyak tema dan menambahkan paket dengan pengelola paket bawaan. Aplikasi Ini juga memiliki fitur unik seperti teletype yang memungkinkan orang bekerja pada file yang sama secara bersamaan.

Masalah utama atom adalah kinerja. Ini melambat, butuh beberapa saat untuk membuka dan bahkan crash saat membuka file, alasan ini lah yang membuat saya beralih ke VScode.

Bracket

Bracket adalah salah satu editor paling populer yang didukung oleh Adobe. Memiliki desain yang minimalis dan fitur unik untuk pengembangan web. Editor Bracket Inline memungkinkan kalian membuat perubahan ke CSS yang terkait dengan HTML secara langsung tanpa harus mengganti file. Selain itu Brackets juga didukung berbagai macam sistem operasi seperti Mac OS, Windows, dan Linux.

Live preview juga merupakan fitur unik yang kuat yang segera memperbarui dan melihat pratinjau kode kalian di browser. Juga ketika kalian meletakkan kursor pada kode kalian, itu akan menyoroti elemen di browser untuk kalian.

Notepad ++

Notepad++ adalah text editor yang sangat sederhana, ringan tapi sangat efektif. Mesipun sederhana tetapi dapat menyelesaikan dan membantu pekerjaan kalian. Tidak memiliki opsi canggih seperti yang lain, tetapi kecepatan dan kinerjanya tidak tertandingi. Itulah sebabnya Notepad ++ sangat pintar membuat perubahan cepat dan kecil seperti konfigurasi dan file batch. Mungkin itulah alasan mengapa itu masih menjadi salah satu editor paling populer saat ini.

Sublime Text

Sublime Text dulu adalah raja text editor di masa lalu sebelum Atom dan VScode ada. Mengapa Sublime Text saya masukan disini? karena Text Editor ini masih banyak digunakan mungkin karena dahulu perna menjadi text editor terbaik jadi membuat orang nyaman dan masih menggunakannya, Sublime Text adalah salah satu editor terbaik dan masih populer saat ini. Ini fitur pengalaman pengguna yang sangat baik. Tata letak pengeditan terpisah. Peralihan proyek cepat, kecepatan super cepat, mode layar penuh bebas gangguan dan banyak lagi.

Satu-satunya kekurangannya adalah aplikasi ini berbayar atau tidak gratis. kalian akan sesekali mendapatkan popup pengingat untuk membeli versi lengkap dengan harga $ 80 dolar.

Semoga informasi diatas dapat memberikan informasi dan masukan untuk kalian dalam memilih text editor. Jika kalian memiliki masukan tentang text editor terbaik kalian bisa menulisnya di kolom komentar.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Programmer yang hobi menulis, dan menyukai dunia teknologi, game, travel, kuliner dan gadget.