Google Pixel 8, AI Photo Editor Layaknya Menu Kamera DSLR

Saifuddin Romli |

Google Pixel 8, AI Photo Editor Layaknya Menu Kamera DSLR

Informasi terbaru mengenai Google Pixel 8 telah muncul sebelum tanggal resmi perilisan pada 4 Oktober mendatang. Bocoran ini membawa kabar tentang fitur canggih berbasis kecerdasan buatan (AI) yang akan dimiliki perangkat tersebut.

Sumber bocoran ini berasal dari Kamila Wojciechowska yang kemudian membagikan informasinya melalui situs 91Mobiles. Terlihat bahwa Google berupaya untuk mengintegrasikan lebih banyak teknologi kecerdasan buatan ke dalam seri HP Pixel, hal ini terlihat dari video promosi Pixel 8.

Salah satu fitur yang paling menarik adalah Magic Editor, yang dikabarkan akan tersedia di sejumlah model Pixel tertentu. Magic Editor merupakan peningkatan dari Magic Eraser yang sudah ada sebelumnya pada seri HP Pixel.

Baca Juga : Inilah Estimasi Tanggal Rilis dan Perkiraan Harga iPhone 15 dan 15 Pro di Indonesia

Dengan Magic Editor, pengguna dapat dengan mudah melakukan berbagai perubahan pada foto mereka. Dalam demonstrasinya, terlihat bahwa Magic Editor mampu menggabungkan tiga foto berbeda yang masing-masing berisi tiga orang menjadi satu foto yang memperlihatkan ketiga orang tersebut tersenyum dan melihat kamera.

Selain itu, Google juga memperlihatkan kemampuan Magic Editor untuk memindahkan subjek dalam sebuah foto, menghapus objek latar belakang, dan mengubah warna langit dari siang hari menjadi senja, yang juga berdampak pada tema warna keseluruhan foto.

Semua ini sangat mirip dengan apa yang telah diperkenalkan oleh Google pada konferensi pengembang I/O pada bulan Mei lalu, seperti yang dilaporkan oleh Mohsai dari The Verge.

Selain fitur Magic Editor, terdapat pula berbagai fitur lain seperti Real Tone, Night Sight, Astrophotography, Super Res Zoom, dan banyak lagi. Dalam hal video, terdapat fitur Video Boost dan Night Sight untuk video dalam kondisi minim cahaya.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan pengaturan kamera yang mirip dengan DSLR, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur shutter speed, ISO, dan bahkan titik fokus menggunakan slider, bukan hanya dengan tap to focus seperti yang umumnya terdapat dalam aplikasi kamera smartphone.

Wojciechowska juga membagikan spesifikasi dari Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, dengan perubahan signifikan pada kamera Pixel 8 Pro yang menggunakan sensor 48MP untuk kamera ultrawide yang memiliki cakupan lensa sebesar 125,5 derajat, yang akan menemani kamera telefoto yang juga menggunakan sensor 48MP.

Kedua model, baik Pixel 8 maupun Pixel 8 Pro, akan memiliki kamera utama berkekuatan 50MP. Untuk kamera ultrawide pada Pixel 8, akan menggunakan sensor 12MP, yang sama dengan yang digunakan pada Pixel 7 Pro, namun dengan peningkatan cakupan lensa dari 114 derajat menjadi 125,8 derajat.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Programmer yang hobi menulis, dan menyukai dunia teknologi, game, travel, kuliner dan gadget.