Chip Modem Qualcomm Snapdragon X80 5G Memiliki Fitur Komunikasi Satelit

Saifuddin Romli |

Chip Modem Qualcomm Snapdragon X80 5G Memiliki Fitur Komunikasi Satelit

Qualcomm secara resmi memperkenalkan chip modem terbaru mereka dengan nama Snapdragon X80 5G di Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024 pada Senin (26/2/2024). Sebagai kelanjutan dari pendahulunya, yaitu chip modem 5G Snapdragon X75 5G yang diperkenalkan oleh Qualcomm tahun lalu.

Snapdragon X80 5G memiliki keunggulan dibandingkan pendahulunya, dengan dukungan fitur komunikasi satelit NB (narrowband)-NTN (non-terrestrial networks) yang diklaim sebagai yang pertama di dunia. Dengan fitur konektivitas NB-NTN ini, chip modem tersebut dapat memberikan layanan komunikasi satelit.

Baca Juga : Resmi Dirilis Secara Global, Inilah Spesifikasi Xiaomi 14 dan 14 Ultra

Jadi, pengguna ponsel yang dilengkapi dengan chip Snapdragon X80 5G tetap dapat berkomunikasi bahkan dalam kondisi tanpa sinyal seluler. Selain dukungan NB-NTN yang memungkinkan layanan komunikasi satelit, Snapdragon X80 5G juga dilengkapi dengan berbagai fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Keberadaan arsitektur atau prosesor AI berbasis 5G Advanced memungkinkan adopsi fitur-fitur cerdas tersebut.

Dengan menggunakan hardware ini, Qualcomm mengeklaim bahwa chip modem 5G terbarunya memiliki kapabilitas untuk meningkatkan kecepatan internet, jangkauan atau kualitas sinyal, mengurangi latensi, serta mengoptimalkan konsumsi daya dengan dukungan kecerdasan buatan (AI). Qualcomm menyatakan bahwa dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Snapdragon X80 5G dapat menghasilkan konsumsi daya yang 10 persen lebih rendah ketika menerima sinyal 5G melalui jaringan millimeter wave (mmWave).

Mengenai kinerja, Qualcomm mengumumkan bahwa Snapdragon X80 5G memiliki kecepatan unduh (download) maksimum hingga 10 Gbps dan kecepatan unggah (upload) hingga 3.5 Gbps, baik dalam tipe jaringan 5G mmWave maupun sub-6 GHz.

Snapdragon X80 5G dilengkapi dengan fitur pendukung, termasuk enam antena QTM565 untuk penerimaan sinyal, serta dukungan 6x downlink carrier aggregation dan fitur peningkatan jangkauan sinyal 5G mmWave berbasis kecerdasan buatan yang diakui sebagai yang pertama di dunia.

Baca Juga : Galaxy AI Bakal Hadir di HP Samsung Lain, Cek Daftarnya

Qualcomm kini sedang mengirimkan chip modem 5G ke beberapa produsen ponsel untuk tahap uji coba.

Diproyeksikan bahwa produk dengan kemampuan komunikasi ini akan tersedia di ponsel-pensel dari mitra Qualcomm sekitar pertengahan tahun ini.

Snapdragon X80 Modem-RF System memberikan kekuatan kepada produsen perangkat dan operator untuk menciptakan perangkat generasi berikutnya yang mendukung 5G Advanced, dengan kemampuan yang tak tertandingi dan kinerja terdepan,” ungkap Durga Malladi, Senior Vice President dan General Manager, Technology Planning and Edge Solutions di Qualcomm Technologies.

Penulis Saifuddin Romli Seorang Programmer yang hobi menulis, dan menyukai dunia teknologi, game, travel, kuliner dan gadget.