Jangan Sepelekan Proses Pemulihan Setelah Operasi, Hindari Hal-hal Berikut

Bersungguh-sungguh merupakan kunci utama dalam perawatan luka setelah operasi. Dalam proses pemulihan tersebutlah tubuh kita akan beradaptasi dan terbiasa dengan kondisi setelah operasi. Selain itu, pemulihan setelah operasi juga berguna untuk membantu memeprcepat penyembuhan luka sayatan selama proses operasi.

Dalam proses pemulihan luka bekas operasi, Anda perlu menggunakan mengetahui cara Perawatan luka operasi Caesar agar pengeringan luka bisa lebih cepat. Tapi, disamping itu, Anda juga perlu menghindari beberapa hal yang bisa menghambat proses penyembuhan luka. Apa sajakah hal tersebut? Sebelum lanjut, kunjungi juga laman berikut ini www.guesehat.com/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-setelah-operasi-2 terlebih dahulu

Naik tangga

Jika Anda tinggal di rumah yang lebih dari satu lantai, maka berhati-hatilah karena pasca operasi Anda tidak boleh naik turun tangga sembarangan. Ya, naik turun tangga belum dianjurkan bagi pasien pasca operasi karena bisa merusak luka pasca operasi yang dimilikinya. Terlebih bagi para ibu yang baru menjalani operasi Caesar, naik turun tangga merupakan hal yang tidak boleh dilakukan setidaknya sampai luka mengering.

Lantas mengapa naik turun tangga tidak dianjurkan untuk Anda yang baru menjalani operasi? Saat Anda naik dan turun tangga, tubuh Anda akan menopang seluruh bagian tubuh lebih berat dari biasa. Tidak hanya saat naik, saat turun tangga pun demikian. Hal ini bisa membebani luka yang Anda miliki setelah operasi hingga memperbesar potensi terjadinya kerobekan pada luka tersebut.

Luka basah karena air

Luka pasca operasi perlu mendapatkan penanganan yang serius agar bisa cepat mengering dan bergerak bebas. Proses pembersihan tentu perlu dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya infeksi pada luka. Meskipun demikian, sebelum dibersihkan sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu apakah luka boleh dibasahi terkena air.

Biasanya, pada ibu yang baru menjalani operasi Caesar, luka harus tetap berada dalam kondisi kering atau tidak boleh dibasahi ketika mandi. Hal ini bertujuan agar proses pemulihan luka bisa berjalan dengan cepat. Setelah luka mengering selama sekitar 3 minggu, baru Anda bisa membasahi kembali anggota tubuh yang dioperasi meskipun masih terdapat sisa atau bekas luka yang terlihat.

Demikian dua hal yang perlu dihindari jika ingin pemulihan luka pasca operasi berjalan optimal. Disamping itu, rutinlah membaca info kesehatan terkini yang bermanfaat agar tubuh tetap sehat. Jangan lupa juga untuk berjaga-jaga dengan beli obat online di Goapotik

No votes yet.
Please wait...
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *