pemeliharaan kesuburan - prosedur bayi tabung

Apa Itu IVF ?

IVF adalah prosedur bayi tabung yang sudah sangat populer. Prosedur ini adalah salah satu solusi yang disediakan medis untuk Anda yang sulit mendapatkan momongan. IVFatau bayi tabung adalah prosedur yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Program ini adalah salah satu teknik yang tersedia untuk membantu setiap pasangan suami istri agar cepat hamil. Program ini cocok untuk pasangan yang sudah lama menanti momongan. Dengan prosedur bayi tabung, sulit memiliki momongan akan teratasi.

IVF sendiri pun sudah populer di Indonesia. Program ini sudah membantu puluhan juta bayi lahir ke dunia. Menurut sebuah penelitian dan data yang didapatkan dari Badan Pusat Statistik (BPS). Di tahun 2008, banyak sekali pasangan yang memiliki gangguan kesuburan. Gangguan tersebut bahkan mencapai 10% yang terjadi pada pasangan di Indonesia. Jika kita hitung, ada sekitar 4 juta jiwa yang memiliki permasalahan ketidaksuburan. 5% diantaranya, ternyata mengikuti program ini untuk memiliki momongan. 5% dari mereka atau diperkirakan sekitar 200.000 pasangan, sukses melakukan program bayi tabung dan saat ini sudah memiliki momongan.

Program bayi tabung

Program bayi tabung adalah salah satu prosedur yang harus melalui berbagai tahapan. Pertama-tama adalah tahapan diagnosis infertilitas perempuan. Diagnosa ini penting agar spesialis dapat mengetahui apa yang jadi permasalahan Anda, kemudian mereka akan mencari solusi yang tepat. Tapi sebelumnya, dokter akan memberi Anda resep obat kesuburan. Fungsi obat ini untuk merangsang indung telur. Dengan begitu, program bayi tabung akan mudah dilakukan. Karena, dengan obat tersebut, perempuan akan memproduksi sel telur dengan baik. Jumlah sel telur yang banyak, tentunya akan sangat membantu setiap pasangan agar mendapatkan kesempatan untuk hamil.

Program ini dilakukan umumnya oleh beberapa kalangan perempuan. Atau, program bayi tabung cocok untuk jenis diagnosa spesifik. Diagnosa tersebut di antaranya seperti:

  • Terbukti memiliki masalah ovulasi
  • Memiliki masalah antibodi yang mengancam hidup sperma yang sudah di dalam sel telur
  • Endometriosis
  • Terdapat gangguan rahim atau tuba fallopi
  • Memiliki jumlah sperma yang sedikit
  • Dan berbagai diagnose lainnya

Demikian informasi seputar ketidaksuburan pasangan. Dari penjelasan diatas, kini Anda dapat mengetahui betapa pentingnya pemeliharaan kesuburan suami istri, agar cepat mendapatkan momongan.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *