Cara Aman Membersihkan Sabun Botol Susu Bayi

Meskipun terlihat sepele, tetapi membersihkan botol susu bayi membutuhkan kecermatan yang tinggi. Apabila botol susu kurang bersih bisa memicu terjadinya penumpukan bakteri dan kuman. Hal tersebut dapat mengakibatkan infeksi bakteri dan penyakit pada bayi. Membersihkan botol susu bayi tak hanya cukup dengan air saja, namun juga memerlukan sabun botol susu bayi.

Terkadang sehabis si kecil minum susu, masih ada sisa-sisa atau endapan susu di bawah botol. Endapan tersebut jika tidak segera dibersihkan akan membusuk dan menjadi sarang kuman. Dalam membersihkannya pun harus maksimal. Jangan sembarangan botol susu bayi pun perlu teknik khusus dalam membersihkannya.

Langkah Tepat Mencuci Botol Susu Bayi

  1. Pastikan tangan Anda bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu.
  2. Lepaskan semua bagian botol susu kemudian bilas dengan air agar kotorannya hilang. Kemudian tuang cairan sabun pembersih botol bayi ke setiap bagian botol.
  3. Dengan menggunakan sikat halus bersihkan dasar botol susu dengan gerakan memutar. Bersihkan pula bagian dalam botol menggunakan sikat. Kemudian bagian bibir botol, jika ada sikat kecil gunakan untuk membersihkan celah-celah botol.
  4. Setelah bagian botol, beralih ke bagian gelang dot. Jangan lupa untuk membersihkan bagian ulir di dalam gelang dot, sebab bagian tersebut sering terlupakan.
  5. Untuk bagian tutup botol bisa dibersihkan dengan spons pembersih.
  6. Bilas semua bagian botol sampai bersih, dengan menggunakan air yang mengalir. Hal ini tersebut bertujuan agar kotoran ikut mengalir bersama air. Jangan membilas dengan merendam botol di dalam wadah, karena kotoran dapat menempel lagi.
  7. Langkah selanjutnya adalah proses pensterilan. Pertama, didihkan air kemudian matikan api. Rendam seluruh bagian botol di air mendidih sekitar 15 menit. Bisa juga menggunakan alat sterilisator jika tidak ingin menggunakan rebusan air.
  8. Angkat botol dan tiriskan. Keringkan dengan menggunakan handuk bersih.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan botol si kecil. Cara tersebut merupakan salah satu langkah untuk memastikan si kecil terhindar dari bakteri dan kuman penyakit. Gimana ? apakah kalian sudah tahu bagaimana cara mencuci botol bayi yang baik dan yang benar, Semoga artikel ini bermanfaat.

No votes yet.
Please wait...
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *