Belajar HTML #1 : Sejarah dan Pengertian HTML

Belajar HTML #1 : Sejarah dan Pengertian HTML

Jika kalian ingin menjadi seorang web developer, hal pertama yang harus kalian pelajari adalah HTML. Kenapa harus belajar HTML ? Karena HTML adalah bahan dasar untuk membuat sebuah website, dan perlu kalian ketahui tidak ada website yang tidak menggunakan HTML. 

Nahh disini saya akan mengenalkan lebih dalam kepada kalian tentang HTML. Karena tak kenal maka tak sayang, maka sebelum kalian belajar HTML alangkah lebih baiknya kalian mengenalnya terlebih dahulu.

Apa itu HTML ? 

Kepanjangan HTML adalah Hyper Text Markup Language. Ingat yaa teman-teman HTML itu sendiri bukanlah sebuah bahasa pemrograman. HTML adalah markup language (bahasa markup) bahasa yang mendefinisikan struktur konten. HTML terdiri dari serangkaian elements-elements, yang berguna untuk membungkus konten didalamnya, sehingga menghasilkan tampilan yang sesuai dengan  fungsi elemen yang digunakan. Tags pembungkus dapat membuat sebuah kata atau gambar terhubung (hyperlink) ke konten lainnya, memiringkan tulisan, memperbesar atau memperkecil font, dan lain-lain.

Sejarah HTML

Seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) yang bernama Tim Berners-Lee, yang juga seorang ahli fisika mengusulkan dan menyusun ENQUIRE pada tahun 1980. Lalu beberapa tahun kemudian Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Dipenghujung tahu 1990 Berners-Lee menetapkan HTML dan menulis browser dan perangkat lunak server. Masih ditahun yang sama, bersama insinyur sistem data CERN bernama Robert Cailliau, Berners-Lee berkolaborasi untuk pendanaan, tetapi proyek tersebut tidak secara resmi diterima oleh CERN.

Saat pertama kali di publikasikan deskripsi HTML disebut sebagai “HTML Tags”, pertama kali disebutkan oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991 di Internet. Ini menggambarkan 18 elemen awal, yang merupakan desain sederhana dari HTML. Kecuali untuk tag hyperlink, ini sangat dipengaruhi oleh SGMLguid, format dokumentasi Berbasis Generalized Markup Language (SGML) di CERN. Sebelas elemen ini masih ada dalam HTML 4.

Sejarah Versi HTML

HTML 2

24 November 1995

HTML 2.0 diterbitkan sebagai RFC 1866. RFC tambahan menambahkan kemampuan:

  • 25 November 1995: RFC 1867 (unggahan file berbasis formulir)
  • Mei 1996: RFC 1942 (tabel)
  • Agustus 1996: RFC 1980 (peta gambar sisi klien)
  • Januari 1997: RFC 2070 (internasionalisasi)

HTML 3

14 Januari 1997

HTML 3.2 diterbitkan sebagai Rekomendasi W3C. Itu adalah versi pertama yang dikembangkan dan distandarisasi secara eksklusif oleh W3C, karena IETF telah menutup Kelompok Kerja HTML pada 12 September 1996.

Awalnya bernama kode “Wilbur”, HTML 3.2 menjatuhkan rumus matematika sepenuhnya, merekonsiliasi tumpang tindih di antara berbagai ekstensi kepemilikan dan mengadopsi sebagian besar tag markup visual Netscape. Elemen kedip Netscape dan elemen tenda Microsoft dihilangkan karena kesepakatan bersama antara kedua perusahaan. Markup untuk rumus matematika yang mirip dengan yang di HTML tidak dibakukan sampai 14 bulan kemudian di MathML.

HTML 4

18 Desember 1997

HTML 4.0  diterbitkan sebagai Rekomendasi W3C. Ini menawarkan tiga variasi:

  • Ketat, di mana elemen yang usang dilarang
  • Transisi, di mana elemen-elemen usang diizinkan
  • Frameset, di mana sebagian besar hanya elemen terkait bingkai diizinkan.

Awalnya bernama kode “Cougar”, HTML 4.0 mengadopsi banyak jenis dan atribut elemen khusus browser, tetapi pada saat yang sama berusaha untuk menghapus fitur markup visual Netscape dengan menandai mereka sebagai usang karena lebih menyukai lembar gaya. HTML 4 adalah aplikasi SGML yang sesuai dengan ISO 8879 – SGML.

24 April 1998

HTML 4.0  diterbitkan kembali dengan pengeditan kecil tanpa menambah nomor versi.

24 Desember 1999

HTML 4.01  diterbitkan sebagai Rekomendasi W3C. Ia menawarkan tiga variasi yang sama dengan HTML 4.0 dan errata terakhirnya diterbitkan pada 12 Mei 2001.

Mei 2000

ISO / IEC 15445: 2000 (“ISO HTML”, berdasarkan pada HTML 4.01 Strict) diterbitkan sebagai standar internasional ISO / IEC. Dalam ISO standar ini termasuk dalam domain ISO / IEC JTC1 / SC34 (Komite Teknis Bersama ISO / IEC 1, Sub-komite 34 – Deskripsi dokumen dan bahasa pemrosesan). 

Setelah HTML 4.01, tidak ada versi HTML baru selama bertahun-tahun karena pengembangan bahasa paralel XML berbasis XHTML menduduki Kelompok Kerja HTML W3C melalui awal dan pertengahan 2000-an.

HTML 5

28 Oktober 2014

HTML5 diterbitkan sebagai Rekomendasi W3C.

1 November 2016

HTML 5.1 diterbitkan sebagai Rekomendasi W3C.

14 Desember 2017

HTML 5.2  diterbitkan sebagai Rekomendasi W3C.

Sebelum kalian belajar HTML akan lebih baik mengenal dan mengerti dahulu apa itu HTML. Nahh apakah sekrang kalian sudah mengerti tentang sejarah dan pengertian dari HTML?

SUMBER : https://en.wikipedia.org/wiki/HTML

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *